Bulan Bahasa, UMB Gelar Lomba Libatkan Siswa SMA

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Senin, 11 November 2019
0 dilihat
Bulan Bahasa, UMB Gelar Lomba Libatkan Siswa SMA
Salah satu peserta lomba gebyar bulan bahasa Universitas Muhammadiyah Buton. Foto: Ridwan Amsyah/Telisik

" Akan tetapi tidak mengurangi semangat kita dalam menyambut Bulan Bahasa, apalagi sasaran kita untuk meningkatkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia dan untuk mencari bibit baru berprestasi agar bisa dikut sertakan tingkat L2DIKTI dan Nasional yang rutin diselenggrakan tiap tahunnya. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) menggelar berbagai lomba tingkat SMA dan tingkat Prodi Universitas, dalam memperingati Bulan Bahasa.

Rektor UMB Dr. Wa Ode Alzarliani SP MM menyambut baik apalagi ini memperingati bulan bahasa dan Sumpah Pemuda.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan, dan  seharusnya dilaksanakan tanggal (28/10/2019) kemarin tetapi banyak kendala", ucap rektor saat ditanyai wartawan di Rektorat UMB, Senin (11/11/2019).

"Akan tetapi tidak mengurangi semangat kita dalam menyambut Bulan Bahasa, apalagi sasaran kita untuk meningkatkan kecintaan  terhadap bahasa Indonesia dan untuk mencari bibit baru berprestasi agar bisa dikut sertakan tingkat L2DIKTI dan Nasional yang rutin diselenggrakan tiap tahunnya," lanjutnya.

Yang unik dari kegiatan tersebut ialah diadakannya lomba debat bahasa daerah, dan pidato bahasa daerah, hal itu ikut ditanggapi baik Rektor UMB. Menurutnya, itu merupakan sarana melestarikan bahasa daerah.

"Apalagi kita tahu bahwa sudah jarang anak menggunakan bahasa daerahnya bahkan lebih dari itu ada yang sudah tidak tahu menggunakannya," tuturnya.

Wa Ode Alzarliani juga mengakui Bahasa yang digunakan Masyarakat kota Baubau cenderung bergeser, mulanya masyarakat  mengunakan bahasa daerah, sekarang cenderung menggunakan Bahasa Indonesia, bahkan bahasa gaul atau alay.

Ketua Panitia Gebya Bulan Bahasa 2019, Nur Dahniar mengatakan Para peserta sangat antusias mengikuti gebyar lomba bulan bahasa ini.

“Sebanyak 52 peserta tingkat SMA dan 162 peserta tingkat Prodi memeriahkan acara ini,” katanya.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai lomba diantaranya, Pidato Bahasa Wolio, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Menulis Cerpen, Baca Puisi tingkat SMA, dan Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa inggris, Baca Puisi untuk tingkat Prodi Universitas.

Reporter: Ridwan Amsyah
Editor: Ibnu

Baca Juga