Pohon Tumbang, Rumah Hingga Baliho Politisi Rusak Gegara Angin Kencang dan Hujan Deras di Kota Kendari

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Minggu, 05 Maret 2023
0 dilihat
Pohon Tumbang, Rumah Hingga Baliho Politisi Rusak Gegara Angin Kencang dan Hujan Deras di Kota Kendari
Tampah pohon tumbang, rumah dan baliho politisi rusak akibat angin kencang dan hujan deras di Kota Kendari. Foto: Ist.

" Angin kencang dan hujan deras disertai petir membuat pohon tampak tumbang, rumah warga hingga baliho politisi pun rusak di Kota Kendari, Minggu (5/3/2023) sore hari hingga menjelang malam "

KENDARI, TELISIK.ID - Angin kencang dan hujan deras disertai petir membuat pohon tampak tumbang, rumah warga hingga baliho politisi pun rusak di Kota Kendari, Minggu (5/3/2023) sore hari hingga menjelang malam.

Pantauan Telisik.id, di wilayah Kota Kendari tampak cerah pada pagi hari hingga menjelang sore awan hitam pekat mulai terbentuk memberi tanda akan turunnya hujan.

Sekira pukul 17.00 Wita, awan hitam semakin tebal, hingga sekitar pukul 17.30 angin kencang dengan kecepatan sedang mulai melanda tapi tidak disertai dengan turunnya hujan.

Baca Juga: Siap Bertanding, Pemanah Sulawesi Utara Tiba Lebih Awal di Kota Kendari

Namun pada sekitar pukul 17.50 Wita, tetesan hujan mulai jatuh dari awan pekat yang telah menggumpal, awalnya tidak terlalu deras, hingga akhir intesitas hujan tinggi mulai turun disertai dengan angin kecang disertai petir menyambar.

Warga yang sedang asik melakukan aktivitas sepak bola di ruang terbuka berhamburan melarikan diri mencari tempat berteduh, warga lain berbondong-bendong mengambil cucian yang ada di jemuran.

Sekitar pukul 18.00 Wita, hujan semakin deras dan angin semakin kencang bahkan menjatuhkan pelafon bangunan arsama yang baru di bangun di Kecamatan Kambu.

Hingga pukul 18.05 Wita, Telisik.id berpindah tempat di kawasan Kelurahan Anduonohu, tempatnya Jalan P Antasari tampak sebuah pohon besar tumbang hingga menindih gerobak jualan warga yang ada di pinggir jalan, beruntung tidak ada orang saat itu ketika pohon tersebut roboh.

Sementara berdasarkan video amatir yang diterima Telisik.id, tampak sebuah bangunan yang terbuat dari papan terlihat rubuh menindih sebuah motor.

"Astagfirullah depan rumahku kasian motor," kata salah seorang warga sembari merekam video dengan nada suara terburu-buru.

Video lain yang diterima Telisik.id di area Jalan Edi Sabara, Kelurahan Mandonga tampak pula pohon tumpang di tengah jalan, gerobak-gerobak warga di pinggir jalan berantakan diterjang angin kencang.

Kemudian di kawasan Jalan Tapak Kuda, tampak baliho-baliho politisi bertumbangan satu persatu dihantam ganasnya angin.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie menjelaskan, cuaca yang terjadi di Sulawesi Tenggara dapat dipengaruh oleh faktor-faktor tertentu.

"Adanya konvergensi atau daerah pertemuan angin di wilayah Sulawesi Tenggara. Anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sulawesi Tenggara yang dapat meningkatkan penguapan," beber Faizal.

Baca Juga: Gunakan Knalpot Bogar, Puluhan Kendaraan Terjaring Razia

Faktor seperti massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas sedang, hingga kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara, faktor-faktor demikian dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya pada 27 Februari 2023, Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Dewi Paramitha telah memprediksi wilayah Konawe Utara dan Kendari hujan sedang disertai guntur dan angin kencang pada Minggu (5/3/2023) hari ini.

Tentu ini menjadi perhatian penting buat masyarakat agar tetap waspada dengan perubahan cuaca, serta tetap memantau prediksi cuaca untuk antisipasi terjadi kecelakaan yang dapat menimbulkan korban jiwa. (A)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga