Bungkam Vietnam 2-1, Ini Taktik Jitu Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bisa Menang

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 07 Agustus 2022
0 dilihat
Bungkam Vietnam 2-1, Ini Taktik Jitu Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bisa Menang
Skuad Timnas Indonesia U-16 di pertandingan melawan Vietnam Piala AFF U-16 2022. Foto: Repro okezone.com

" Pada awal pertandingan, Timnas Indonesia sempat nyaris kalah dari Vietnam U-16 karena sempat tertinggal 0-1 lewat gol penalti Nguyen Cong Phuong "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 berhasil meraih kemenangan atas Vietnam U-16 di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022.

Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada Sabtu (6/8/2022) malam WIB, Garuda Muda meraih skor 2-1 dari Vietnam.

Pada awal pertandingan, Timnas Indonesia sempat nyaris kalah dari Vietnam U-16 karena sempat tertinggal 0-1 lewat gol penalti Nguyen Cong Phuong pada menit 41.

Namun, Sang Pelatih Bima Sakti memberikan sebuah suntikan moral yang membuat Timnas Indonesa bangkit di babak kedua hingga akhirnya menang 2-1.

Kendati demikian, pada awal babak kedua Tim Merah-Putih langsung tancap gas dan mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Hasilnya, mereka mampu berbalik unggul 2-1 dalam sembilan menit pertama paruh kedua lewat dua gol yang masing-masing dibukukan oleh Arkhan Kaka Putra dan Muhammad Nabil Asyura pada menit 51 dan 54.

Baca Juga: Ini 5 Kunci Timnas Indonesia U-16 Sukses Bungkam Singapura 9-0

“Tadi saya sampaikan ke semua pemain ‘inisiatif di menit awal’ karena biasanya di menit awal babak pertama atau akhir itu masa-masa krusial dalam sepakbola. Begitu juga di babak kedua,” kata Bima Sakti dalam konferensi pers pasca laga, dikutip dari Okezone.com, Minggu (7/8/2022).

“Sebab itu saya katakan pada mereka tadi ‘tolong manfaatkan peluang, cepat melakukan serangan balik karena Vietnam selalu memakai tiga bek di belakang jadi kalau kita build up lagi bek mereka keburu lima lagi karena full back kanan-kiri itu sudah turun. Karena itu kita harus cepat serangan balik dan crossing ke kotak penalti dan Alhamdulillah bisa mendapatkan dua gol di awal babak kedua,” imbuhnya.

Tak hanya di lini depan, juru taktik berusia 46 tahun itu juga mengevaluasi buruknya pertahanan Pasukan Garuda Muda di babak pertama.

Olehnya itu, Bima Sakti ingin para pemain belakangnya bermain lebih rapat agar memaksa pemain depan Vietnam bermain lebih melebar sehingga tak leluasa menciptakan peluang berbahaya lewat umpan terobosan.

“Untuk 4 pemain belakang kita di babak pertama tadi terlalu longgar karena Vietnam selalu pakai tiga pemain depan dan dibantu dua fullback. Oleh sebab itu pemain kita harus rapat di belakang agar mereka main keluar daripada bermain di sela-sela pemain kita,” ujar pelatih kelahiran Balikpapan itu.

“Tadi terjadinya penalti di babak pertama kan juga karena kena terobosan di sela-sela itu. Makanya saya bilang di babak kedua empat pemain belakang harus rapat dan Alhamdulillah kita bisa menahan serangan-serangan mereka,” tambahnya.

Dengan strategi jitu ini, Skuad Garuda Muda mampu mencetak 2 gol di babak kedua dan mempertahankan posisi 2-1 hingga detik terakhir.

Dengan hasil tersebut, Indonesia berhasil mengamankan satu tiket ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Mereka keluar sebagai juara grup dengan koleksi sembilan poin usai menyapu bersih tiga laga fase grup dengan kemenangan.

Sementara itu, Vietnam masih belum memastikan diri lolos ke semifinal. Mereka harus menunggu hasil dari laga dari dua grup lainnya lebih dulu untuk lolos via runner up terbaik.

Baca Juga: Malam Ini Laga Pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022: Indonesia vs Vietnam

Dikutip dari cnnindonesia.com, berikut susunan Pemain Inti Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-16:

Timnas Indonesia U-16

Andrika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagja, M Iqbal Gwijangge, Habil Abdillah Yafi Prasasti Akbar, Sulthan Zaky Pramana; Mokh Hanif Ramadhan, Muhammad Kafiatur Rizky, Narendra Tegar Islami, M Riski Afrisal; Arkhan Kaka Putra, Muhammad Nabil Asyura.

Timnas Vietnam U-16

Pham Dinh Hai; Khuc Trung Hieu , Nguyen Huu Trong , Nguyen Luong Tuan Khai , Nguyen Cong Phuong , Nguyen Trong Tuan, Le Dinh Long Vu, Le Van Thuan , Huynh Van Danh , Buo Hoang Son, Phan Thanh Duc Thien. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga