Bupati Konawe Terima Penghargaan Desa Cantik 2022

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
Bupati Konawe Terima Penghargaan Desa Cantik 2022
Bupati Konawe saat menerima penghargaan desa cantik terbaik tahun 2022Foto: Ist.

" Bupati Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kery Saiful Konggoasa, menerima penghargaan desa cantik tahun 2022 dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI, di Jakarta "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bupati Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kery Saiful Konggoasa, menerima penghargaan desa cantik tahun 2022 dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI, di Jakarta, Senin, (30/1/2023).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, dan Kepala BPS RI, Margo Yuwono, di Aryanusa Ballroom, Menara Dana Reksa.

Kepala BPS Pusat Margo Yuwono mengatakan, program desa cantik statistik (desa cantik) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengolahan dan pemanfaatan data agar perencanaan pembangunan desa dapat lebih tepat sasaran.

Baca Juga: Biaya Jalan PNS Tembus Rp 37 T Hingga Pakai Anggaran Kemiskinan Buat Rapat di Hotel

“Penting karena ke depan kita berharap bahwa aparat desa memiliki kapabilitas di bidang statistik sehingga dapat mengelola data dan memanfaatkan data. Bayangkan kalau semua desa memiliki kemampuan itu maka desanya akan lebih maju kan. Karena bisa mengelola dan memanfaatkan data,” ujarnya.

Bupati Konawe saat menerima penghargaan desa cantik terbaik tahun 2022Foto: Ist.

 

Kabupaten Konawe menjadi salah satu penerima penghargaan desa cantik terbaik  tahun 2022 dari 12 kabupaten/kota se-Indonesia yang dinilai terbaik dalam pengelolaan program desa cantik.

Bupati Konawe saat menerima penghargaan desa cantik terbaik tahun 2022Foto: Ist.

 

Desa atau kelurahan peraih penghargaan desa cantik adalah Desa Landau Tubun (Kabupaten Melawi), Desa Bukit Selabu (Kabupaten  Musi Banyuasin), Desa Tanjung Raya (Kabupaten Ogan Komering Ulu timur), Kelurahan Sukajaya (Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan), Desa Potangoan (Kabupaten Buol), Kelurahan Toriki (Kabupaten Konawe), Kelurahan Gunungketur (Kota Yogyakarta), Desa Gumeng (Kabupaten Gresik), Kelurahan Karangsari (Kota Blitar), Desa Serdang Kulon (Kabupaten Tangerang), Desa Perancak (Kabupaten Jembrana), dan Desa Punggul (Kabupaten Badung).

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat menerima penghargaan mengatakan, apresiasi yang diperoleh tersebut sebagai gambaran bahwa Konawe siap membangun desa menggunakan data sektoral.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Indonesia Ketua ASEAN 2023

“Terimakasih BPS RI yang telah melakukan pendampingan kepada SDM di desa sehingga dinyatakan layak untuk mendapatkan penghargaan, ke depan kita akan mengaplikasikan ini di desa-desa yang lain di Kabupaten Konawe,” katanya.

Bupati Konawe saat menerima penghargaan desa cantik terbaik tahun 2022Foto: Ist.

 

Menurut Agnes Widiastuti, program desa cantik diinisasi BPS sejak Februari 2021 dengan melibatkan tim BPS Pusat sebagai penilai berdasarkan beberapa indikator yang telah ditetapkan, antara lain kesiapan sumber daya manusia (SDM), kesiapan infrastruktur teknologi informasi di desa tersebut, potensi daerah, akses, dan indikator-indikator lainnya.

“Sehingga kita harapkan desa cantik ini mampu mengumpulkan data, melakukan pengolahan data sektoralnya secara mandiri, serta menggunakan data tersebut untuk membangun desanya sendiri,” kata Agnes Widiastuti. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga