Jokowi Resmikan Indonesia Ketua ASEAN 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 29 Januari 2023
0 dilihat
Jokowi Resmikan Indonesia Ketua ASEAN 2023
Presiden Jokowi bersama para delegasi asing usai acara kick off Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Foto: Repro Liputan6.com

" Indonesia telah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai presidensi G20 2022. Tahun ini Indonesia mendapatkan kepercayaan menjadi Ketua ASEAN "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Kick Off ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Dikutip dari Sindonews.com, Jokowi mengatakan, Indonesia telah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai presidensi G20 2022. Tahun ini Indonesia mendapatkan kepercayaan menjadi Ketua ASEAN 2023.

Tema yang diambil adalah ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. Ia berharap pada tahun ini, ASEAN masih relevan dan penting bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

Baca Juga: Penerimaan CASN Bakal Dibuka Tahun Ini

Jokowi menegaskan, ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo Pasifik. Ia menekankan bahwa apa yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN dapat terus menjaga pertumbuhan ekonomi seeprti dikutip dari Cnnindonesia.com.

Indonesia menjadi Ketua ASEAN pada 2023 usai menerima estafet kepemimpinan dari Kamboja. Sejumlah perwakilan negara asing ikut hadir mendengarkan pidato singkat Jokowi, seperti Duta Besar Selandia Baru untuk ASEAN Stuart Calman dan Duta Besar Singapura untuK ASEAN Kok Li Peng.

Baca Juga: Pemerintah Akan Kucurkan Subsidi Motor Listrik hingga Rp 7 Juta

Setelah selesai pidato singkat, Presiden Jokowi berfoto dengan para pejabat pemerintah dan perwakilan asing, kemudian ia turun panggung dan berjalan ke arah Thamrin.

Sejumlah warga berjejejer di pinggir jalan untuk menyapa Presiden Jokowi. Pada acara tersebut, ada juga pawai kostum tradisional dari berbagai daerah Indonesia. Para Abang-None Jakarta juga tampil di acara ASEAN tersebut.

Selain itu, pejabat dari Kementerian Luar Negeri juga mengadakan acara bincang-bincang untuk membahas sejumlah fokus Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Sejumlah isu yang disorot adalah Myanmar, perdagangan orang, pangan, dan kesehatan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga