Busel dan Buteng Belum Terbentuk, Wilayah Cakupan IDI Buton Tiga Kabupaten

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Minggu, 27 Februari 2022
0 dilihat
Busel dan Buteng Belum Terbentuk, Wilayah Cakupan IDI Buton Tiga Kabupaten
Ketua IDI Sultra, dr Laode Rabiul Awal pada pelantikan IDI Cabang Buton di Pasarwajo. Foto: Risman/Telisik

" Belum terbentuknya struktur di dua kabupaten tersebut berpengaruh pada anggota kepengurusan IDI Kabupaten Buton "

  BUTON, TELISIK.ID – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Buton merupakan organisasi profesi dokter yang wilayah cakupannya meliputi tiga kabupaten yaitu  Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah.

“IDI Buton meliputi 3 wilayah yaitu Kabupaten Buton, Buton Tengah dan Buton Selatan karena kedua kabupaten tersebut strukturnya belum terbentuk,” kata Ketua IDI Sulawesi Tenggara, dr Laode Rabiul Awal, usai melantik pengurus IDI Kabupaten Buton masa bakti 2021-2024 di lantai 2 gedung A Kantor Bupati Buton di Pasarwajo, Minggu (27/2/2022).

Ia mengatakan, belum terbentuknya struktur di dua kabupaten tersebut berpengaruh pada anggota kepengurusan IDI Kabupaten Buton.

“Oleh karena itu, dokter-dokter yang bertugas di Kabupaten Buton Tengah, Buton Selatan itu masih masuk sebagai anggota cabang IDI Buton,” katanya.

Laode Rabiul Awal menuturkan, hal itu menjadi perhatian IDI Cabang Buton untuk segera mengusulkan pembentukan IDI Cabang Buton Selatan dan IDI Cabang Buton Tengah.

Menurutnya, IDI merupakan organisasi profesi yang memiliki peran untuk mengawal setiap kebijakan pemerintahan daerah khususnya di bidang kesehatan.

“Ini menjadi perhatian IDI Cabang Buton yang tadi kita sudah sebutkan harus dipisahkan. Struktur organisasi kita harus disesuaikan dengan otonomi pemerintahan karena IDI perlu mengawal setiap kebijakan pemerintah daerah khususnya di bidang kesehatan,” jelasnya.

Dokter spesialis ahli bedah ini menjelaskan di hadapan Bupati Buton, pentingnya pembentukan kepengurusan IDI Kabupaten Buton Selatan dan IDI Kabupaten Buton Tengah karena setiap daerah memiliki karakter yang berbeda-beda.

Selain itu, rentang jarak menjadi alasan agar kedua kabupaten tersebut dapat membentuk kepengurusan sendiri.

Baca Juga: Program Kerja IDI Kota Kendari Fokus Pada Kesehatan Masyarakat

“Sehingga ini saya bilang tadi Pak Bupati, pengurusnya ada yang dari Buton Tengah dan ada yang dari Buton Selatan,” kata dia.

Ia menambahkan, dengan pembentukan IDI Buton Tengah dan IDI Buton Selatan, bisa memudahkan bersinergi dengan pemerintah daerah di wilayah masing-masing meskipun di tengah pandemi COVID-19.

“Supaya interaksi dengan pemerintah daerah itu menjadi lebih bagus dan apalagi sekarang kita masih masa pandemi (COVID-19),” harapnya.

Sementara itu, Bupati Buton, La Bakry menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus IDI Cabang Buton periode 2021-2024.

Baca Juga: Pengurus MUI Butur Dikukuhkan, Wabup Ahali Harap Jadi Pionir

Ketua DPD II Partai Golkar Buton sekaligus mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan IDI Cabang Buton periode 2019-2021.

“Saudara-saudara sekalian saya mewakili seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten Buton menyampaikan selamat kepada pengurus yang baru dan tentu saja terima kasih yang tak terhingga pengurus IDI pada periode sebelumnya yang baru berakhir, karena sudah bekerja keras bersama-sama membangun mitra dengan pemerintah daerah,” kata La Bakry.

Ia mengatakan, IDI Cabang Buton sangat banyak membantu berbagai permasalahan pada bidang kesehatan.

“Terutama sekali pada situasi masa pandemi COVID-19,” jelas dia. (B)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga