Busel ODP Terbanyak ke Dua di Sultra

Deni Djohan, telisik indonesia
Rabu, 25 Maret 2020
0 dilihat
Busel ODP Terbanyak ke Dua di Sultra
Kunjungan Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani di salah satu posko pencegahan penyebaran virus COVID-19. Terlihat, H La Ode Arusani sedang memberikan arahan kepada petugas yang sedang berjaga. Foto: Istimewa.

" Khusus Busel, tercatat 438 orang masuk dalam katagori ODP kemudian diikuti Bombana dengan jumlah sebanyak 271 orang. Jumlah ini menempatkan daerah Bumi Gajahmada itu masuk tertinggi kedua jumlah ODP terbanyak di Sultra. Sedangkan peringkat pertama jumlah ODP adalah Kota Baubau dengan jumlah 480 orang. "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Gugus Tugas Kewaspadaan (GTK) COVID-19 atau virus Corona, menetapkan, Kabupaten Buton Selatan (Busel) sebagai daerah tertinggi kedua dengan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sultra. Jumlah ini berdasarkan rilis GTK COVID -19 Sultra, Selasa (24/3/2020).

Menurut GTK COVID-19, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sultra meningkat drastis. Total ODP COVID-19 terkini mencapai 2.049 orang. Jumlah ini terhitung selisih sehari.

Khusus Busel, tercatat 438 orang masuk dalam katagori ODP kemudian diikuti Bombana dengan jumlah sebanyak 271 orang. Jumlah ini menempatkan daerah Bumi Gajahmada itu masuk tertinggi kedua jumlah ODP terbanyak di Sultra. Sedangkan peringkat pertama jumlah ODP adalah Kota Baubau dengan jumlah 480 orang.

Baca Juga : Kasus COVID-19 di Indonesia Meningkat, Positif 686, Meninggal 55, Sembuh 30 Orang

Saat berusaha dikonfirmasi melalui sambungan whattshap-nya, kepala dinas kesehatan Busel, La Ode Budiman, belum mau menjawab konfirmasi wartawan ini. Padahal, masyarakat Busel membutuhkan informasi terkait perkembangan penyebaran virus mematikan ini di Busel. Upaya konfirmasi ini bukan lah kali pertamanya. Sebelumnya, wartawan ini juga pernah mengkonfirmasi terkait sejumlah mahasiswa asal Kendari dan Kolaka yang masuk di Busel tanpa penanganan seperti yang dilakukan daerah sekitarnya, Buton dan Wakatobi. Namun lagi-lagi kadis kesehatan enggan menjawab sambungan telponnya.

Amatan media ini, pemerintah Busel telah mendirikan posko pencegahan Corona dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi lainnya. Salah satu titik lokasinya berada di lapangan Lakarada, Kelurahan Lakambau, Kecamatan Batauga. Kemudian, posko disetiap pelabuhan penghubung antar pulau.

Baca Juga : Demo di Masa COVID-19, Kapolda Ancam Pasal Berlapis

Berikut data lengkap ODP di Sultra Berdasarkan Sumber Gugus Tugas COVID-19 Sultra, Selasa (24/3/2020).

Kota Baubau: 480 orang

Buton Selatan: 438 orang

Bombana: 271 orang

Buton tengah: 214 orang

Wakatobi: 189 orang

Kolaka : 23 Orang

Konawe : 65 Orang

Muna : 46 Orang

Buton: 37 Orang

Kota Kendari : 80 Orang

Konawe Selatan : 25 Orang

Kolaka Utara : 52 Orang

Konawe Utara : 10 Orang

Buton Utara : 41 Orang

Kolaka Timur : 28 Orang

Konawe Kepulauan : 3 Orang

Muna Barat : 47 Orang.

 

Reporter: Deni Djohan

Editor: Sumarlin

Baca Juga