Buton Selatan Kini Zona Hijau COVID-19

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Selasa, 12 Oktober 2021
0 dilihat
Buton Selatan Kini Zona Hijau COVID-19
Bupati Busel, H. La Ode Arusani (tengah) bersama Kapolres Buton dan Kapolres Baubau. Foto: Ist.

" Tenaga pendidik, insan pers, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh masyarakat Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Berdasarkan data per 11 Oktober 2021, level PPKM Kabupaten Buton Selatan (Busel) berada di level 1 dengan status Hijau.

Bupati Busel, H. La Ode Arusani mengatakan, hal tersebut harus disyukuri bahwa secara nasional kasus COVID-19 melandai beberapa waktu terakhir.

"Hal tersebut dapat tercapai dengan adanya kebijakan pemerintah yang menerapkan PPKM di setiap daerah secara nasional, terkhusus di Kabupaten Buton Selatan, berdasarkan data per 11 Oktober 2021 level PPKM berada di level 1 dengan status Hijau," katanya, Selasa (12/10/2021).

Memasuki fase yang cukup menyenangkan saat ini, lanjut dia, hampir setiap orang menyangka pandemi telah terkendali.

"Tapi itu merupakan fase paling berat, dimana harus mempersiapkan dan tetap meningkatkan langkah-langkah antisipasif dan terukur guna mempertahankan status level 1 PPKM dan terkendalinya pandemi di Buton Selatan, yang salah satunya dengan melakukan pengetatan dan percepatan cakupan vaksinasi," lanjutnya.

Baca Juga: Hearing Pengaspalan Jalan di Kolut Berlangsung Alot, Satu FraksiTolak Perpanjangan Waktu

Baca Juga: Pemindahan Lokasi Serta Izin Lingkungan Proyek RSUD Busel Kembali Disoal

Kata dia, capaian vaksinasi di Buton Selatan belum cukup maksimal. Olehnya itu, diperlukan upaya ekstra dan dukungan dari semua pihak serta kerjasama dengan seluruh komponen stake holder, TNI/Polri, Kepala OPD, para camat, lurah, kepala desa.

Termasuk tenaga kesehatan, tenaga pendidik, insan pers, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh masyarakat Buton Selatan.

"Khususnya untuk ikut serta berperan aktif dalam melakukan sosialisasi terkait vaksinasi, serta menyukseskan pelaksanakan vaksinasi COVID-19 di seluruh lapisan masyarakat sehingga bisa keluar dari pandemi," tuturnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan telah berkomitmen penuh mencapai target nasional 70 persen pemberian vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat.

"Untuk itu penyebaran COVID-19 membutuhkan upaya pengendalian serius. Olehnya, pemerintah terus mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menyegerakan vaksinasi sebagai salah satu langkah awal menuju tatanan kehidupan baru berdampingan dengan COVID-19," tutupnya. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga