Didatangi Turis, Penjual Bendera Merah Putih di Wakatobi Bingung Cara Layani

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Minggu, 06 Agustus 2023
0 dilihat
Didatangi Turis, Penjual Bendera Merah Putih di Wakatobi Bingung Cara Layani
Wisatawan mancanegara saat membeli bendera merah putih di Wakatobi. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Tak pernah mengira sebelumnya, penjual bendera merah putih jelang 17 Agustus asal Kabupaten Wakatobi mengaku kaget. Karena baru kali ini ada wisatawan mancanegara atau turis yang membeli dagangannya "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Tak pernah mengira sebelumnya, penjual bendera merah putih jelang 17 Agustus asal Kabupaten Wakatobi mengaku kaget. Karena baru kali ini ada wisatawan mancanegara atau turis yang membeli dagangannya.

Penjual tersebut bernama, Budi. Pria asal Bandung itu telah lama berjualan bendera merah putih di Wakatobi. Ia mengungkapkan, hal tersebut merupakan pertama kalinya ada wisatawan mancanegara yang mampir beli.

Budi melanjutkan, awalnya ia tak berniat untuk melayani dan membiarkan wisatawan tersebut untuk melihat-lihat dagangannya. Karena ia kebingungan bagaimana cara berkomunikasi.

"Kaget, awalnya saya tidak samperin karena bingung. Kalau beli, saya gimana ngomongnya," ujarnya.

Baca Juga: Peran Perempuan dalam Budaya Maritim Wakatobi Melalui Festival Wowine

Budi mengira, wisatawan tersebut hanya melihat-lihat saja. Ternyata tidak lama, turis tersebut menanyakan harga bendera yang dijualnya.

"Setelah mereka lihat-lihat, kemudian nanya harganya berapa. Wisatawannya menggunakan google translate untuk kita berkomunikasi," lanjutnya.

Budi mengungkapkan, dari ketiga turis yang membeli dagangannya. Ada satu yang bisa berbahasa Indonesia meskipun tidak lancar.

"Ada satu tadi, dikit-dikit bisa berbahasa Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa di Wakatobi, Dewan Pendidikan Sosialisasi Speaking English Area

Para turis tersebut merupakan peserta world odyssey rally dari kegiatan International Yacht Rally Sail to Indonesia 2023. Dan Wakatobi masuk dalam World Odyssey Rally 500 Stop Points dari tanggal 5-7 Agustus 2023.

Salah seorang turis yang berasal dari Prancis, Genevieve menuturkan, mereka tertarik dengan bendera yang dipajang di perempatan jalan.

"Karena itu indah. Kami sangat menyukai warnanya," ucapnya dalam bahasa Inggris.

Genevieve melanjutkan, bendera yang dibeli tersebut akan dibawa pulang dan diletakkan di sailboat sebagai kenangan jika mereka pernah datang ke Wakatobi, Indonesia.

"Kami juga bisa meletakkannya di sailboat," lanjutnya. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga