Calon Panwaslu Kecamatan se-Kota Kendari Jalani Tes Tertulis

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 14 Mei 2024
0 dilihat
Calon Panwaslu Kecamatan se-Kota Kendari Jalani Tes Tertulis
Suasana tes tertulis calon anggota Panwaslu Kecamatan yang digelar Bawaslu Kota Kendari. Foto: Kolase

" Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kendari menggelar tes tertulis bagi 46 calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan untuk Pilkada 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kendari menggelar tes tertulis bagi 46 calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan untuk Pilkada 2024. Tes tersebut dilaksanakan di gedung SMAN 4 Kendari pada Senin (13/5/2024) dari pukul 08:00 Wita hingga siang hari.

Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin, menjelaskan bahwa perekrutan badan adhoc di Bawaslu Kota Kendari menggunakan dua sistem. Pertama, sistem existing, yaitu para panwaslu kecamatan pada pilkada lalu yang akan tetap berada dalam formasi. Kedua, membuka pendaftaran umum minimal dua kali kebutuhan untuk memenuhi kekurangan di setiap kecamatan.

Sahinuddin mengungkapkan bahwa Bawaslu Kota Kendari sebelumnya telah mengumumkan 49 nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

"Setelah pendaftaran selesai, dan dari total jumlah pendaftaran, ada 49 orang yang memenuhi syarat administrasi. Kemudian hari ini dilakukan proses seleksi tertulis, jadi dia hybrid antara CAT online dan essay, kemudian akan diakumulasi provinsi dan (hasilnya) diturunkan ke kami," kata Sahinuddin, Senin (13/5/2024).

Baca Juga: Bawaslu Muna Barat Buka Pendaftaran Panwaslu Kecamatan

Baca Juga: Tina Nur Alam Mengundurkan Diri Sebagai Caleg DPR RI

Namun, panitia seleksi, Jenirianti menuturkan bahwa dari 49 peserta yang lolos seleksi administrasi, hanya 46 orang yang mengikuti tes tertulis.

Salah satu peserta tes tertulis calon anggota panwaslu kecamatan se-Kota Kendari, Novita Ariska, mengaku baru pertama kali mengikuti tes panwaslu. Ia sempat merasa minder karena para peserta lain menurutnya lebih berpengalaman di bidang politik. Namun, Novita tetap optimis bisa lulus tes tertulis. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga