Calon Siswa Baru Wajib Tahu, Ini Kuota Sekolah Favorit Kota Kendari 2022

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Senin, 13 Juni 2022
0 dilihat
Calon Siswa Baru Wajib Tahu, Ini Kuota Sekolah Favorit Kota Kendari 2022
Siswa salah satu SMP di Kota Kendari melaksanakan Asesmen Nasional beberapa waktu lalu. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Untuk penetapan kouta masing-masing sekolah, sudah ditentukan dari beberapa minggu sebelumnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat TK, SD dan SMP se-Kota Kendari hanya menyisakan waktu satu minggu lagi. Seluruh sekolah yang ada sudah menentukan jumlah kuota yang bakal diterima di tahun ajaran 2022/2023.

Kadis Dikmudora Kendari, Makmur mengatakan, untuk penetapan kouta masing-masing sekolah, sudah ditentukan dari beberapa minggu sebelumnya.

"Yah pastinya kuota harus sudah ditetapkan oleh sekolah jauh-jauh hari sebelum pembukaan PPDB dilakukan. Agar para siswa-siswi bisa memilah, sekolah mana yang akan mereka pilih, pada penerimaan siswa baru nanti," ungkapnya kepada Telisik.id, Senin (13/6/2022).

Untuk proses PPDB tahun ini, kata dia, akan menghadirkan pengawas di setiap sekolah, yang bertugas memantau pelaksanaan penerimaan siswa baru agar tidak ada kecurangan atau kesalahan apapun.

"Karena beberapa tahun lalu, selalu ada sekolah yang menerima peserta didik baru melebihi jumlah kuota yang diterima. Sehingga kita akan lakukan pengawasan, dan jika sekolah yang kedapatan melakukan hal tersebut, akan kita kenakan sanksi tegas," jelasnya.

Sementara itu, Kasi Kurikulum dan Penilaian Dikmudora Kendari, Iran menjelaskan, PPDB tahun ini akan menggunakan dua jalur, yaitu online dan offline.

"Tapi secara menyeluruh PPDB sekarang sudah menggunakan sistem online. Masih ada sebagian kecil saja yang menggunakan sistem manual, yaitu sekolah-sekokah yang daerahnya belum terdapat jaringan internet, itu masih menggunakaan sistem offline," katanya.

Baca Juga: Tenaga Honorer Garda Terdepan Atasi Kekurangan Guru

Sementara itu, salah seorang calon siswa baru, Ardi, mengaku akan lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti PPDB, agar bisa lulus di sekolah yang diinginkan. Sebagaimana diketahui, lolos tidaknya siswa ditentukan oleh hasil seleksi tertulis.

"Apalagi sekolah favorit pasti selalu banyak pendaftarnya. Dan tentunya akan banyak persaingan, sehingga persiapan harus betul-betul dilakukan," ujarnya.

Berikut daftar kuota sekolah-sekokah favorit di Kota Kendari :

1. SMPN 1 Kendari: 224

2. SMPN 2 Kendari: 320

3. SMPN 9 Kendari: 350

4. SMPN 4 Kendari: 352

5. SMPN 5 Kendari: 352

6. SDN 2 Kendari: 112

7. SDN 6 Kendari: 112

8. SDN 22 Kendari: 100

9. SDN 39 Kendari: 112

10. SDN 84 Kendari: 112. (A)

Baca Juga: Mampu Wujudkan Pemerataan Pembangunan, Unsultra Dukung Penuh Pemindahan IKN

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga