Cara Atasi Tumit dan Kaki Pecah-Pecah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 06 Agustus 2023
0 dilihat
Cara Atasi Tumit dan Kaki Pecah-Pecah
Penyebab kaki pecah-pecah terjadi karena berbagai faktor mulai dari terlalu lama mengenakan sepatu, salah menggunakan sabun, hingga kaki terlalu lama terendam di dalam air. Foto: Klikdokter.com

" Kaki pecah-pecah merupakan masalah kaki yang sangat umum dan bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Kaki pecah-pecah merupakan masalah kaki yang sangat umum dan bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.

Mulai dari terlalu lama mengenakan sepatu, salah menggunakan sabun, hingga kaki terlalu lama terendam di dalam air, sehingga menyebabkan tumit kehilangan kelembapannya.

Mengutip Halodoc.com, kaki pecah-pecah memang biasanya bukan masalah yang serius, tapi kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat berjalan, bahkan rasa nyeri. Jadi, jangan dibiarkan saja, yuk ketahui cara mengatasi kaki pecah-pecah di sini.

Berikut adalah cara-cara mengatasi kaki pecah-pecah:

Baca Juga: 7 Posisi Seks Aman Tak Buat Sesak Napas

1. Jaga kebersihan kaki

Menjaga kaki atau daerah tumit yang pecah-pecah tetap bersih dan kering penting dilakukan setiap hari. Namun, hindari menggunakan sabun yang mengandung alkohol dan pewangi yang dapat membuat kulit kering. Untuk menjaga kelembaban kulit kaki, sebaiknya gunakan sabun berbahan ringan dan mengandung pelembap alami.

2. Mandi dengan air dingin

Kamu yang memiliki kulit kering dan kaki pecah-pecah sebaiknya tidak menggunakan air panas atau hangat untuk mandi. Hal itu karena air panas dapat membuat kulit tubuh dan kakimu menjadi kering. Usahakan untuk mandi dengan air dingin atau bertemperatur ruangan.

3. Gunakan pelembap kaki

Sebelum tidur pada malam hari, oleskan petroleum jelly pada kaki, lalu bungkus kaki dengan menggunakan kaus kaki yang nyaman dan biarkan semalaman saat tidur. Cara ini efektif untuk melembapkan kakimu yang pecah-pecah. Atau kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa atau madu yang sangat berkhasiat sebagai pelembap.

Dikutip dari Kompas.com, faktor lain yang dapat menyebabkan tumit pecah-pecah antara lain:

Baca Juga: Penyebab Kebiasaan Tidur Ngorok dan Tips Mengatasinya

Berdiri selama berjam-jam

Berjalan-jalan tanpa alas kaki atau sering menggunakan sandal terbuka.

Mandi air panas yang lama

Menggunakan sabun keras yang dapat menghilangkan minyak alami kulit.

Sepatu yang tidak pas

Kulit kering karena iklim, seperti suhu dingin atau kelembaban rendah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga