Cara Download Sertifikat Vaksin Covid 19 di pedulilindungi.id

Saydul Akram, telisik indonesia
Rabu, 14 Juli 2021
0 dilihat
Cara Download Sertifikat Vaksin Covid 19 di pedulilindungi.id
Screenshoot Cara Download Sertifikat Vaksin covid 19

" Jika Sudah Vaksin, berikut panduan cara download sertifikat vaksin covid 19 di situs pedulilindungi.id "

Berikut Tata Cara download sertifikat vaksin covid 19, bagi anda yang telah melakukan vaksinasi.

Saat ini Sertifikat vaksin Covid-19 menjadi dokumen penting saat akan bepergian keluar kota ditengah adanya PPKM darurat atau Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat.

Syarat sertifikat vaksinasi ini sebagai salah satu upaya pemerintah menekan mobilitas warga ditengah melonjaknya kasus covid-19.

"Prinsip PPKM Darurat mengurangi mobilitas, jadi sebenarnya yang tidak perlu (bergerak) tidak melakukan perjalanan," kata Juru Bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Kartu atau sertifikat ini adalah bukti valid bahwa seseorang telah melakukan vaksinasi covid-19.

Dalam sertifikat vaksin covid 19 tertulis ID Sertifikat, nik, nama lengkap, tanggal lahir, hingga tanggal pelaksanaan vaksinasi.

Setelah melakukan vaksinasi, masyarakat dapat mendownload sertifikat vaksin sendiri melalui online menggunakan HP pada laman pedulilindungi.id.

Peduli Lindungi merupakan aplikasi untuk membantu pemerintah dalam mendata penyebaran virus Corona (COVID-19) dan cek status vaksinasi secara online.

Berikut Panduan Cara Download Sertifikat Vaksin Covid 19 di pedulilindungi.id.

1. Buka laman pedulilindungi.id.
2. Klik Login untuk masuk
3. Jika telah memiliki akun peduli lindungi klik tombol register.
4. namun apabila belum memiliki akun, segera buat akun dengan mengisi nama lengkap dan nomor ponsel Anda.
5. Kemudian klik Buat Akun untuk register.
6. Lalu cek SMS notifikasi dari PEDULICOVID di nomor ponsel yang didaftarkan sebelumnya.
7. Kemudian masukkan 6 digit nomor yang terdapat pada SMS.
8. Jika berhasil, klik login.
9. Setelah berhasil login, klik kolom nama Anda yang terletak di pojok kanan atas pada situs Peduli Lindungi;

10.Anda kemudian akan dapat melihat tampilan sertifikat vaksin pertama dan kedua jika kamu telah menerima dua kali vaksinasi.

11.Klik "Unduh Sertifikat" untuk mendownload sertifikat vaksinasi covid-19.

Sebagai informasi, sertifikat vaksin covid-19 ini hanya diberikan kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua.

Demi keamanan data pribari, masyarakat diharapkan tidak menyebarkan sertifikat miliknya ke media sosial. Pasalnya, di dalam sertifikat tersebut terdapat data pribadi seperti nomor KTP.

Sertifikat vaksinasi yang telah didownload tersebut dapat digunakan sebagai syarat perjalanan keluar daerah dan hanya bisa diperlihatkan kepada petugas penyekatan yang berwenang.

Selain itu demi menekan lonjakan kasus covid 19, masyarakat dihimbau untuk segera melakukan vaksinasi covid 19.

Mengutip Covid19.go.id, Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat.

Sementara itu Vaksinasi adalah pemberian Vaksin dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

Artikel Terkait
Baca Juga