adplus-dvertising

Catat, 5 Buah Ini Bisa Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 06 Mei 2022
620 dilihat
Catat, 5 Buah Ini Bisa Turunkan Kolesterol Usai Lebaran
Ilustrasi buah sehat bagi kebugaran tubuh. Foto: Repro Anlene.com

" Lebaran tidak hanya menjadi momen untuk memaafkan, saling menyapa dan berkumpul dengan keluarga, tapi juga waktunya untuk makan-makan "

KENDARI, TELISIK.ID - Lebaran tidak hanya menjadi momen untuk memaafkan, saling menyapa dan berkumpul dengan keluarga, tapi juga waktunya untuk makan-makan.

Biasanya, makanan yang banyak dibuat saat Lebaran adalah ketupat, opor ayam, semur daging, hingga berbagai kue kering yang lezat.

Namun, sebaiknya jangan terburu-buru untuk menikmati makanan secara berlebihan. Pasalnya, beberapa menu lebaran bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.


Mengutip alodokter.com, kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh. Kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Lemak ini juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu.

Di dalam tubuh, kolesterol diperlukan untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Nah, untuk kembali menurunkan kolesterol usai lebaran sebaiknya jangan lupa untuk berolahraga dan memperbanyak asupan buah.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa buah yang bisa kamu konsumsi:

1. Jeruk

Bukan hanya mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal menunjukkan hasil sebanyak 23 persen orang-orang yang mengonsumsi jus jeruk mampu menurunkan kadar kolesterol mereka dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi jus jeruk. Namun, sebaiknya hindari memberikan gula atau pemanis tambahan dan sebaiknya konsumsi jeruk dalam bentuk buah

2. Semangka

Semangka dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi.

Selain itu, semangka juga memiliki kandungan likopene yang mampu mencegah adanya radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi semangka secara rutin baik setelah makan atau camilan sehat sehari-hari.

3. Apel

Apel adalah salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak. Dalam satu buah apel mengandung karbohidrat, protein, serat, hingga vitamin C. Apel juga mengandung pektin, salah satu jenis serat alami yang banyak ditemukan di dalam buah. 

Baca Juga: Ini Manfaat Tersembunyi Mudik Lebaran yang Jarang Diketahui

Kandungan pektin dalam apel bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya usai lebaran kamu bisa mengganti camilan kue kering dengan buah apel agar kesehatanmu tetap terjaga dengan baik.

4. Buah Beri

Ada bermacam-macam jenis buah beri yang bisa kamu temukan, seperti blackberry, rasberi, dan stroberi.

Semua jenis beri memiliki manfaat yang serupa untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak ada salahnya mengonsumsi berbagai jenis buah beri sebagai camilan sehat agar kolesterol dalam tubuh lebih mudah untuk dikontrol.

5. Anggur

Serupa dengan apel, anggur memiliki kandungan pektin yang bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Baca Juga: Idul Fitri Identik dengan Ketupat? Ternyata Ini Maknanya

Inilah beberapa jenis buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol usai lebaran. Selain berbagai jenis buah, kamu juga bisa mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti kacang-kacangan, oats, hingga ikan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga