Catat, Ini 5 Pantangan Makanan dan Minuman saat Batuk Berdahak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 17 Maret 2024
0 dilihat
Catat, Ini 5 Pantangan Makanan dan Minuman saat Batuk Berdahak
Saat sedang batuk berdahak, ada sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari agar batuk tidak bertambah parah. Foto: Repro bodrex.com

" Saat kamu sedang mengalami batuk berdahak, gorengan harus dihindari karena bisa memperparah gejala batuk "

KENDARI, TELISIK.ID - Batuk berdahak harus diatasi segera mungkin, sebab bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari makanan dan minuman tertentu.

Mengutip alodokter.com, batuk berdahak merupakan batuk yang disertai dengan lendir kental. Lendir ini bisa berwarna bening, kuning, hijau, atau mengandung darah.

Batuk berdahak umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan. Jika hal ini dibiarkan, maka bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari bagi yang mengalami batuk berdahak.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa pantangan makanan dan minuman saat mengalami batuk berdahak.

1. Gorengan

Gorengan adalah makanan favorit hampir semua orang. Namun, saat kamu sedang mengalami batuk berdahak, gorengan harus dihindari karena bisa memperparah gejala batuk.

Baca Juga: Ini Bahaya Mengonsumsi Pemanis Buatan, dari Obesitas hingga Darah Tinggi

Makanan ini bisa merangsang tubuh agar memproduksi lebih banyak lendir yang pada akhirnya memicu rasa gatal di tenggorokan. Daripada makanan yang digoreng, kamu bisa mengonsumsi makanan yang dikukus, direbus, atau ditumis. 

2. Buah jeruk

Buah jeruk memang mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk imunitas tubuh. Namun, kandungan asam sitrat yang tinggi pada buah ini justru bisa membuat tenggorokan gatal yang akhirnya memicu batuk. 

Selain itu, sifat asam dalam buah jeruk juga meningkatkan produksi dahak berlebihan di saluran pernapasan. 

3. Susu dan olahan produknya

Meskipun susu adalah minuman yang menyehatkan, tetapi minuman ini termasuk minuman yang harus kamu hindari saat mengalami batuk. 

Susu beserta produk olahannya ini bisa memicu produksi lendir dan dahak berlebihan pada saluran pernapasan. Terlalu banyak lendir di saluran pernapasan bisa membuat napas terasa lebih sesak. 

4. Minuman berkafein, bersoda, dan bersifat asam

Kandungan kafein dan soda pada minuman bisa menyebabkan dehidrasi dan tentu tidak direkomendasikan untuk kamu yang sedang batuk berdahak.

Selain itu, minuman yang bersifat asam juga harus dihindari karena bisa menyebabkan rasa gatal dan iritasi yang akan memperparah batuk.

Baca Juga: Simak Cara Mengatasi Mulut Pahit saat Puasa

Saat batuk, kamu justru memerlukan cairan lebih banyak untuk membantu mengencerkan lendir. Maka dari itu, sebisa mungkin tubuh harus tetap terhidrasi dengan sangat baik. 

5. Makanan yang manis

Makanan yang mengandung rasa manis berlebihan diketahui menjadi salah satu pemicu peradangan pada sistem pernapasan. Kandungan gula yang tinggi ini juga berkontribusi melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Saat imun tubuh lemah, risiko terjadinya infeksi akan lebih tinggi, terutama pada saluran pernapasan. Oleh karena itu, kamu harus membatasi konsumsi makanan yang manis selama batuk berdahak. 

Nah, itulah beberapa pantangan makanan dan minuman saat mengalami batuk berdahak. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga