5 Olahraga Ini Bantu Meningkatkan Fungsi Pernapasan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 22 April 2024
0 dilihat
5 Olahraga Ini Bantu Meningkatkan Fungsi Pernapasan
Terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat membantu untuk meningkatkan fungsi pernapasan. Foto: Repro www.siloamhospitals.com

" Untuk menjaga kesehatan paru-paru agar sistem pernapasan lancar, dapat dilakukan gaya hidup yang sehat, salah satu dengan rutin melakukan olahraga yang dapat membantu meningkatkan fungsi pernapasan "

KENDARI, TELISIK.ID - Fungsi pernapasan yang baik sangat ditentukan oleh gaya hidup seseorang, di antaranya dengan rutin melakukan olahraga yang dapat membantu untuk meningkatkan fungsi organ tubuh paru.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, pernafasan yang ada pada manusia sangat ditentukan dengan organ tubuh yang disebut paru. Paru adalah organ pada sistem pernapasan yang berhubungan dengan sistem peredaran darah.

Paru berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan karbonmonoksida dari darah. Proses ini disebut dengan bernapas. 

Ketika paru ini sehat, maka itu dapat membantu menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk darah. Ketersediaan oksigen yang cukup bagi tubuh dapat memberikan dampak bagus bagi tubuh agar dapat bekerja dan melakukan aktivitas dengan baik.

Untuk menjaga kesehatan paru agar sistem pernapasan lancar dapat dilakukan dengan menjaga gaya hidup yang sehat, salah satu dengan rutin melakukan olahraga yang dapat membantu untuk meningkatkan fungsi pernapasan.

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi pernapasan:

1. Tai chi

Jenis olahraga yang baik untuk pernapasan adalah tai chi. Jenis olahraga ini merupakan latihan kebugaran kuno yang berasal dari Tiongkok.

Baca Juga: Beberapa Faktor Ini Disebut Bisa Persulit Memperoleh Keturunan

Anda tidak hanya menguasai aktivitas fisik selama berlatih tai chi, melainkan juga teknik pernapasan yang otomatis bisa meningkatkan kesehatan organ paru-paru dalam tubuh. 

Gerakan tai chi memadukan antara seni dan olahraga kebugaran, sehingga cenderung lambat dan anggun. Berbagai gerakan ini bisa membantu Anda untuk rileks, menenangkan pikiran, memperbaiki postur, dan menjaga keseimbangan tubuh.

2. Berenang atau aerobik di air

Selanjutnya olahraga yang dapat membantu meningkatkan fungsi pernapasan adalah berenang atau aerobik di air.

Pada dasarnya, setiap jenis gerakan dalam air, baik itu berenang atau senam aerobik di dalam air (water aerobics), merupakan aktivitas fisik yang baik untuk orang dengan napas pendek. 

Bahkan sebuah studi B.J. Medical College menunjukkan, peningkatan fungsi paru-paru perenang lebih baik ketimbang pelari. Berenang dapat melatih otot paru-paru dan diafragma jadi lebih kuat karena tekanan yang lebih besar dalam air selama siklus pernapasan.

Sementara bagi Anda yang belum terbiasa berenang, cukup berjalan di kolam renang sambil menggerakkan lengan saja. Hal ini juga bisa membantu Anda meningkatkan kebugaran tubuh sehingga tidak mudah mengalami sesak napas.

3. Yoga

Ketiga adalah yoga. Jenis olahraga ini merupakan aktivitas fisik yang tidak memerlukan banyak kapasitas jantung dan pembuluh darah. Namun, yoga lebih melibatkan kombinasi teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh.

Dalam melakukan olahraga ini, Anda dapat menyesuaikan berbagai pose yoga agar sesuai dengan kapasitas pernapasan masing-masing. Gerakan seperti ini juga sangat aman untuk menghindari terjadinya napas yang semakin pendek.

4. Pilates

Berikutnya adalah pilates. Jenis olahraga ini juga dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan fungsi pernapasan.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Tidak Baik Dikonsumsi Bersama Mi Instan

Pilates merupakan versi kontemporer dari yoga, di mana gerakan-gerakannya lebih berfokus untuk menempa stamina tubuh.

Anda dapat melakukan pilates untuk membantu mengkondisikan tubuh, sehingga memungkinkan untuk bergerak dan bernapas lebih efisien saat melakukan aktivitas yang lebih berat.

5. Jalan kaki

Terakhir adalah berjalan kaki. Ya, olahraga satu ini sudah banyak diketahui orang dapat membantu untuk meningkatkan fungsi pernapasan.

Pada umumnya, berjalan kaki merupakan aktivitas fisik paling sederhana yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Siapa saja juga bisa mencobanya, baik itu lansia, dewasa, dan anak-anak. Jenis olahraga ini baik untuk meningkatkan pola pernapasan.

Dengan menyesuaikan pola pernapasan, lama-kelamaan Anda akan membangun kapasitas bernapas yang lebih baik. Pastikan untuk tidak memaksakan diri untuk berjalan terlalu cepat. Berikan kesempatan pada tubuh Anda untuk berjalan perlahan, tapi teratur dalam sepekan.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang dapat membantu untuk meningkatkan fungsi pernapasan Anda. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga