Catat, Ini 9 Amalan Sunah di Bulan Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 09 Maret 2024
0 dilihat
Catat, Ini 9 Amalan Sunah di Bulan Ramadan
Ada baiknya umat Islam memperbanyak amalan sunah selama di bulan Ramadhan. Foto: Repro freepik.com/garakta_studio

" Ramadan tidak hanya menjadi waktu untuk menahan lapar dan haus selama puasa, tetapi juga merupakan kesempatan untuk memperdalam spiritualitas dan mendekatkan diri kepada Allah SWT "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai bulan istimewa bagi umat Nabi Muhammad SAW, pada bulan tersebut ada sejumlah amalan-amalan sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam.

Dikutip dari liputan6.com, amalan sunah merujuk pada segala bentuk ibadah yang tidak diwajibkan untuk dilaksanakan, tetapi tetap mendatangkan pahala jika dikerjakan. Amalan sunah merupakan tambahan yang dapat menyempurnakan amalan-amalan wajib yang telah kita lakukan sehari-hari.

Ramadan, bulan suci umat Islam, tidak hanya menjadi waktu untuk menahan lapar dan haus selama puasa, tetapi juga merupakan kesempatan untuk memperdalam spiritualitas dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Olehnya itu, ada baiknya umat Islam memperbanyak amalan sunah selama bulan Ramadan.

Dikutip dari nu.or.id, berikut 9 amalan sunnah yang dianjurkan selama bulan Ramadan:

1. Melaksanakan sahur

Selain sebagai suplai tenaga di siang hari pada bulan Ramadan, sahur juga menjadi salah satu amalan sunah di bulan Ramadhan, lebih dianjurkan untuk diakhirkan selama tidak sampai masuk waktu yang diragukan: apakah masih malam atau sudah terbit fajar.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya, “Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka,” (HR Ahmad).

2. Menyegerakan berbuka puasa

Hendaknya orang berpuasa untuk segera berbuka begitu waktu Maghrib tiba. Selain itu, berbuka lebih dianjurkan untuk memakan kurma, atau jika tidak ada makanan, bisa dengan air putih.

Baca Juga: Simak Bacaan Doa Sambut Ramadan dalam Bahasa Latin dan Artinya

3. Mandi besar

Mandi besar dari junub, haid, atau nifas sebelum terbit fajar agar bisa menunaikan ibadah dalam keadaan suci, di samping khawatir masuk air ke mulut, telinga, anus, dan sebagainya jika mandi setelah fajar.

4. Memperbanyak membaca Al-Qur’an

Paling tidak bisa mengkhatamkan satu kali dalam satu bulan Ramadan. Semakin banyak khatam semakin baik sebagaimana dianjurkan oleh banyak ulama.

5. Memperbanyak i’tikaf di masjid

Sebaiknya i’tikaf dilakukan selama satu bulan penuh, tapi jika tidak bisa maka diutamakan sepuluh hari terakhirnya saja karena pada hari-hari itu terdapat malam Lailatul Qadar.

6. Memperbanyak sedekah

Orang yang berpuasa hendaknya memperbanyak sedekah kepada sesama, terutama sedekah makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Sebab, orang yang memberi makanan atau minuman untuk orang berpuasa mendapat pahala yang setimpal dengan pahala puasa orang yang disedekahi.

7. Menjaga ucapan

Menjaga ucapan dari perkataan-perkataan yang tidak bermanfaat, terlebih jika bisa menimbulkan dosa. Sebab, hal itu bisa mengurangi pahala puasa.

Baca Juga: Lakukan Ini, Persiapan Sambut Ramadan

8. Menghindari hal-hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa

Kendati tidak membatalkan puasa, umat Islam dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa, seperti berbuka puasa sampai perut menjadi kekenyangan atau melakukan sesuatu yang bertujuan untuk memuaskan nafsu.

9. Konsisten dalam menjalankan ibadah

Konsisten dalam menjalankan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan. Artinya, semua amalan sunah yang dilakukan di bulan ini tidak putus setelah Ramadan selesai.

Nah, itulah beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga