Cegah Kriminalitas Pelajar, Polisi Lakukan Pendekatan ke Sekolah

Egit Riski, telisik indonesia
Selasa, 20 Agustus 2024
0 dilihat
Cegah Kriminalitas Pelajar, Polisi Lakukan Pendekatan ke Sekolah
Kapolsek Poasia, AKP Jumiran saat ditemui di kantornya. Foto: Egit Riski/Telisik

" Polsek Poasia menjalin kolaborasi dengan sejumlah sekolah di wilayah hukumnya dan menggelar program "Police Go to School" sebagai upaya menurunkan angka kriminalitas di kalangan pelajar "

KENDARI, TELISIK.ID - Polsek Poasia menjalin kolaborasi dengan sejumlah sekolah di wilayah hukumnya dan menggelar program "Police Go to School" sebagai upaya menurunkan angka kriminalitas di kalangan pelajar.

Program ini menjadi bentuk sinergi antara kepolisian dan dunia pendidikan untuk memberikan pemahaman hukum serta membentuk karakter siswa yang lebih baik. Dengan pendekatan edukatif program ini diharapkan mampu mencegah pelajar terjerumus dalam perilaku negatif.

Program "Police Go to School" melibatkan berbagai sekolah di wilayah Poasia. Program ini tidak hanya bertujuan memberikan penyuluhan tentang hukum, tetapi juga memperkuat hubungan antara pihak kepolisian dengan para pelajar dan tenaga pendidik.

Baca Juga: Edukasi Etika Media Sosial, Polwan Polda Sulawesi Tenggara Goes to School

Kepala Polsek Poasia, AKP Jumiran, mengungkapkan bahwa program ini dirancang agar para pelajar tidak mudah untuk terkontaminasi hal negatif seperti tawuran, penggunaan narkoba, dan minuman keras (miras).

“Kami ingin pelajar tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kesadaran bahwa merekalah penerus bangsa di masa depan,” ujarnya, Selasa (20/8/2024).

Siswa diajak untuk memahami konsekuensi dari tindakan kriminal dan bagaimana cara menghindarinya. Selain itu, mereka juga mendapatkan pembinaan moral dan etika yang diharapkan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Pasien Impaksi Gigi Puas Pelayanan Program JKN di RS Aliyah 2 Kendari

“Para guru dan kepala sekolah yang memberikan respon positif. Mereka melihat adanya perubahan perilaku pada siswa yang lebih disiplin dan bertanggung jawab,” kata Jumiran.

Jumiran berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan menjadi contoh bagi daerah lain dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan bebas dari hal negatif.

“Kepolisian akan bekerja sama dengan instansi dan dinas terkait agar himbauan dan penyuluhan bisa lebih intensif dan dapat menanamkan nilai-nilai positif pada generasi muda, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang taat hukum dan berkontribusi positif bagi masyarakat,” jelasnya. (C)

Reporter: Egit riski

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga