Cegah Perpecahan, Buton Diminta Manfaatkan Komunitas Intelejen

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 23 September 2021
0 dilihat
Cegah Perpecahan, Buton Diminta Manfaatkan Komunitas Intelejen
Ramah tamah kunjungan kerja Kabinda Provinsi Sultra Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana di rujab Bupati Buton. Foto: Ist.

" Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) tidak hanya intelejen Polri namun BIN, Kajari semua punya intelejen "

BUTON, TELISIK.ID - Kepala Badan Intelejen Daerah (Kabinda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, menyempatkan diri berkunjung ke Kabupaten Buton, Kamis (23/9/2021).

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana meminta agar Bupati Buton memanfaatkan jaringan Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) guna mencegah terjadinya perpecahan di daerah.

"Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) tidak hanya intelejen Polri namun BIN, Kajari semua punya intelejen," kata Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana.

Kominda, kata dia, dididik dan memiliki kualifikasi intelejen maka untuk itu manfaatkan sebagai mata telinga Bupati Buton, mereka selalu mencari indikasi kerawanan di daerah, jika ada bencana yang besar maka akan segera dilaporkan.

"Apalagi perkembangan teknologi sekarang kadang kala menimbulkan dampak negatif dan perpecahan diantara warga," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Kabinda 24 jam mengawasi medsos di Sultra dan membuat opini agar masyarakat tenang dan aman sehingga hal-hal negatif bisa dieliminir agar tidak terjadi.

Toto Oktaviana juga meminta dukungan pemerintah daerah untuk melaksanakan program vaksinasi karena tenaga yang sangat terbatas dengan sasarannya adalah pelajar, masyarakat door to door, dan nanti akan dilaksanaan vaksinasi secara langsung live dengan Presiden.

Baca Juga: Permintaan Tinggi, Porang Berpotensi Dikembangkan di Wakatobi

Baca Juga: Wakil Lebih Kaya dari Wali Kota Kendari, Selisih Harta Rp 1,2 Miliar

Sementara itu, Bupati Buton Drs La Bakry mengatakan, Buton sekarang masuk level 1 dan mudah-mudahan dengan kerja keras tim gugus, doa masyarakat, dan iktiar menjaga prokes dan vaksinasi Buton akan tetap aman.

“Di Buton sekarang level 1 semua berkat kerja keras tim gugus, TNI/Polri, dan doa masyarakat,” ujar bupati Buton.

Bahkan, kata dia, surat perpanjangan PPKM baru saja ditekennya, sehingga ia berharap akhir tahun ini Indonesia merdeka dari virus Pandemi dan secara nasional diharapkan memperketat pintu masuk.

"Saya berharap dengan kunjungan Kabinda Sultra agar diberikan arahan demi terwujudnya Buton yang lebih baik lagi," tutupnya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga