Ciptakan Pemilu Aman Damai di Sulawesi Tenggara

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 05 Juli 2023
0 dilihat
Ciptakan Pemilu Aman Damai di Sulawesi Tenggara
Badan Kesbangpol Sulawesi Tenggara sibuk jalani upaya demi menciptakan tahun politik yang damai. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Meski kontestasi politik 2024 masih setahun lagi, persiapan sudah mulai dilakukan bukan hanya dari calon pemimpin bangsa "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski kontestasi politik 2024 masih setahun lagi, persiapan sudah mulai dilakukan bukan hanya dari calon pemimpin bangsa, tapi juga pemerintah dalam menjaga kesatuan bangsa dari isu SARA dan perpecahan.

Seperti yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara, sudah mulai sibuk melakukan berbagai terobosan agar pesta demokrasi 2024 berjalan aman dan damai.

Sekretaris Badan Kesbangpol Sulawesi Tenggara, Hardin mengatakan, pihaknya sudah bersiap sejak 2022 dengan melakukan pendidikan politik, khususnya kepada pemilih pemula di tingkat SMA/SMK di seluruh Sulawesi Tenggara.

Sosialisasi tersebut masih berjalan sampai saat ini. Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan agar pemilih pemula dapat melaksanakan hak pilihnya dengan benar tanpa dipengaruhi hal negatif seperti money politic atau politik uang.

Para pemilih pemula diedukasi agar mengenal para calon pemimpin secara seksama dan menggunakan hak pilihnya dengan objektif, murni karena melihat visi misi dari calon pemimpin.

Baca Juga: Kery Saiful Konggoasa Serukan Pemilu Damai pada HUT ke-77 Bhayangkara

Hal lain yang juga digencarkan Kesbangpol Sulawesi Tenggara akhir-akhir ini adalah memfasilitasi forum pertemuan tokoh antar umat beragama.

Bukan hanya tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat yang punya pengaruh publik juga banyak diundang untuk bekerjasama mensukseskan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Kesbangpol juga aktif dan turun tangan terhadap isu-isu SARA yang pernah terjadi beberapa waktu lalu. Hal tersebut membuat mereka lebih belajar untuk memantau keadaan politik di masyarakat.

Baca Juga: HUT ke-77 Bhayangkara, Polres Konawe Imbau Masyarakat Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu

Hardin menjamin suasana pemilu tahun depan akan berjalan dengan aman dan damai, masyarakat juga diimbau tak perlu khawatir dan tak mudah terpancing dengan isu-isu negatif yang bersinggungan dengan SARA.

Dilansir Cnnindonesia.com, total daftar pwmilih tetap (DPT) di Sulawesi Tenggara tahun 2024 mencapai 1,8 juta jiwa. 931 ribu pemilih pria dan 936 ribu pemilih perempuan.

8.154 tempat pemungutan suara (TPS) juga disiapkan untuk menampung suara para DPT tersebut. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga