Cita-Cita Besar Arhawi yang Belum Terealisasi, Haliana-Ilmiati Bisa Lakukan Ini...

Musdar, telisik indonesia
Senin, 07 Juni 2021
0 dilihat
Cita-Cita Besar Arhawi yang Belum Terealisasi, Haliana-Ilmiati Bisa Lakukan Ini...
Bupati Wakatobi, H Arhawi (kanan). Foto: Musdar/Telisik

" Di akhir masa kepemimpinannya, H Arhawi mengaku masih ada mimpi besar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi di bawah kepemimpinannya yang belum terealisasi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Masa jabatan, H Arhawi sebagai Bupati Kabupaten Wakatobi akan berakhir pada 28 Juni 2021.

Dengan berakhirnya kepemimpinan H Arhawi, pemerintahan Wakatobi akan dilanjutkan oleh Haliana-Ilmiati Daud sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi terpilih hasil Pilkada 2020.

Di akhir masa kepemimpinannya, H Arhawi mengaku masih ada mimpi besar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi di bawah kepemimpinannya yang belum terealisasi. Arhawi menyebut, cita-cita besar itu adalah membangun jembatan Numana-Kapota.

Baca Juga: Bandara Moranggo, Persembahan Terakhir Arhawi untuk Warga Wakatobi

"Cita-cita besar Pemkab Wakatobi itu yang belum terealisasi adalah pembangunan jalan dan jembatan yang menghubungkan Pulau Wangi-wangi dan Pulau Kapota. Tetapi rencana itu telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)," katanya, Senin (7/6/2021).

Arhawi menambahkan, yang perlu dilakukan oleh Haliana-Ilmiati Daud sebagai Bupati dan Wakil Bupati selanjutnya tinggal memperjuangkan agar cita-cita itu dapat terealisasi.

"Kekurangannya kemarin tinggal kajian lingkungannya, sehingga itu yang harus diperjuangkan supaya bisa terealisasi," tutup Ketua DPD Golkar Waktobi ini.

Untuk diketahui, tujuan pembangunan jembatan Numana-Kapota adalah untuk memberikan akses transportasi bagi masyarakat di Pulau Wangi-Wangi yang terdiri dari 13 desa, dan masyarakat di Pulau Kapota yang terdiri dari 5 desa.

Selain itu, keberadaan jembatan akan memberikan kemudahan akses menuju Desa Wisata Kolo Kecamatan Wangi-Wangi Selatan di Pulau Kapota.

Baca Juga: Perusahaan Perkebunan Tebu Ini Dinilai Tak Serius Berinvestasi di Mubar, Kantornya Terlihat Kumuh

Wilayah ini memiliki potensi wisata yang tinggi, sehingga akan membawa pengaruh signifikan dalam pengembangan ekonomi lokal masyarakat antar pulau.

Infrastruktur jembatan Numana-Kapota yang akan dibangun di Kawasan TN Wakatobi adalah sepanjang ±2.735 meter (±2,735 kilometer), dan lebar 10-12 meter.

Hal tersebut berdasarkan permohonan kerjasama Kepala Bappeda Wakatobi yang tertuang dalam dokumen Detail Engineering Design/DED pembangunan jembatan Numana-Kapota, dan hasil pengecekan lapangan tim Direktorat Jenderal KSDAE. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga