Daftar Menu MPASI 6 Bulan Pertama Bergizi, Bunda Wajib Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 18 Desember 2022
0 dilihat
Daftar Menu MPASI 6 Bulan Pertama Bergizi, Bunda Wajib Tahu
MPASI diberikan pada bayi setelah usia 6 bulan karena ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi. Foto: Repro sehatq.com

" Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi ketika buah hati memasuki usia 6 bulan adalah MPASI. Ini wajib dilakukan untuk memenuhi gizi si bayi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi ketika buah hati memasuki usia 6 bulan adalah MPASI. Ini wajib dilakukan untuk memenuhi gizi si bayi.

Dikutip dari imuni.co.id, MPASI atau Makanan Pendamping ASI merupakan jenis makanan yang diberikan pada bayi untuk melengkapi asupan nutrisi yang didapatkan bayi sebelum menginjak usia 1 tahun.

MPASI diberikan pada bayi setelah usia 6 bulan karena pada usia tersebut ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi.

Melansir alodokter.com, berikut daftar menu MPASI 6 bulan pertama bayi yang bisa dijadikan referensi:

Baca Juga: 4 Buah Punya Manfaat Tambah Darah untuk Cegah Anemia

1. Menu MPASI usia 6 bulan

Bunda bisa memperkenalkan brokoli, bayam, wortel, kembang kol, kacang polong, nasi, atau kentang di awal masa MPASI. Pilihan buahnya adalah alpukat, pisang, apel, atau pir. Selain itu, daging ayam, daging sapi, ikan, telur, atau tahu juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk si bayi.

Dalam mengolah MPASI bayi 6 bulan, semua bahan makanan harus dimasak sampai matang dan dihaluskan hingga berbentuk puree. Kita juga tidak perlu menambahkan garam dan gula, apalagi madu. Pemberian madu tidak disarankan untuk bayi usia di bawah 1 tahun karena berisiko menyebabkan botulisme.

2. Menu MPASI usia 7 bulan

Penyajian menu MPASI usia 7 bulan tidak jauh berbeda. Kita dapat memberikan beragam makanan sehat, termasuk bayam, wortel, kacang polong, aneka daging, telur, ubi, alpukat, pisang, atau bluberi. Keju dan yoghurt juga boleh diberikan kepada si bayi.

Kalau rasa makanannya hambar, tidak perlu ditambahkan penyedap. Sebenarnya, makanan sehat di atas sudah mengandung gula dan garam alami. Selain itu, makanan bayi usia 7 bulan juga masih dalam bentuk puree.

3. Menu MPASI usia 8 bulan

Saat usia buah hati 8 bulan, ia sudah bisa nih diberikan finger food. Jadi, Bunda dapat menyajikan sayuran kukus, aneka daging, atau telur rebus dengan cara dipotong-potong dadu.

Di usia ini, anak juga sudah boleh diberikan roti, pasta, atau mie sebagai sumber karbohidrat, serta oatmeal. Untuk camilannya, berikan buah potong atau sereal dari gandum, oat, atau barley.

4. Menu MPASI usia 9 bulan

Cukupi kebutuhan nutrisi anak yang berusia 9 bulan dengan memberinya ragam makanan sehat, seperti bubur tim hati ayam dan wortel, makaroni karbonara, atau sup daging.

Camilannya boleh diberikan potongan buah-buahan. Biarkan si bayi mengeksplorasi beragam rasa asli makanan. Penambahan gula dan garam pun disarankan seperlunya saja.

5. Menu MPASI usia 10 bulan

Di usia 10 bulan, koordinasi tubuh si bayi akan meningkat pesat. Anak mungkin saja sudah mulai belajar berjalan dengan ditatih, bangun dari duduk, dan jongkok sambil berpegangan. Karena di usia ini si bayi lagi aktif-aktifnya, berikanlah makanan bergizi seimbang dalam jumlah yang cukup.

Kita dapat mengolah makanan dari kentang, labu, ubi, wortel, buncis, brokoli, tahu, telur, dan daging-dagingan. Hindari memberikan si bayi camilan bayi dalam bentuk kemasan yang mengandung garam dan gula tambahan lebih dari 1 gram.

6. Menu MPASI usia 11 bulan

Sama seperti menu makan di usia sebelumnya, makanan padat untuk bayi 11 bulan juga harus bernutrisi. Kita dapat menyajikan menu yang bervariasi, agar buah hati tidak cepat bosan.

Misalnya, hari ini Bunda membuat pancake pisang untuk sarapan dan ayam semur untuk makan siang. Lalu, besoknya si bayi sarapan dengan oatmeal dan makan siang dengan nasi tim tahu brokoli.

Baca Juga: 4 Masker Bahan Alami Atasi Kulit Wajah yang Kering

7. Menu MPASI usia 12 bulan

Saat usianya sudah 12 bulan, si bayi bisa mengeksplor jenis makanan lebih banyak. MPASInya boleh diberi garam dan gula secukupnya. Selain jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, kita juga bisa menambahkan seledri, mentimun, tomat, paprika, jamur dan kubis dalam menu makanannya.

Pilihan buahnya juga bisa ditambahkan, seperti jeruk, anggur, kiwi dan nanas. Jangan buang biji buah terlebih dahulu sebelum diberikan kepada buah hati.

Nah, itulah beberapa menu MPASI 6 bulan pertama yang bisa diterapkan untuk diberikan kepada buah hati. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga