Daftar Pemimpin Negara Termuda di Dunia, Ada yang di Bawah 35 Tahun

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 27 Oktober 2023
0 dilihat
Daftar Pemimpin Negara Termuda di Dunia, Ada yang di Bawah 35 Tahun
Daniel Noboa, pengusaha pisang berusia 35 tahun berhasil menjadi presiden termuda di Ekuador. Foto: Repro Idntimes.com

" Di dunia, beberapa negara pernah memiliki pemimpin muda di bawah 40 tahun "

KENDARI, TELISIK.ID - Persoalan umur capres dan cawapres sempat mencuat dan menimbulkan perdebatan. Terakhir, MK memutuskan syarat figur berusia di bawah 40 tahun boleh mengikuti kontestasi pilpres asalkan pernah atau sedang menjadi kepala daerah.

Di dunia, beberapa negara pernah memiliki pemimpin muda di bawah 40 tahun. Berikut negara-negara tersebut sebagaimana dilansir dari Cnbcindonesia.com dan Cnnindonesia.com.

1. Daniel Noboa

Daniel Noboa akan menjadi presiden termuda dalam sejarah Ekuador. Pengusaha pisang berusia 35 tahun ini berhasil memenangkan pemilihan presiden putaran kedua negara itu.

Dengan lebih dari 97 persen suara telah dihitung, Noboa unggul empat poin persentase atas Luisa Gonzalez, saingannya dari sayap kiri. Gonzalez disebut mengakui hasil pemilu dan mengucapkan selamat kepada Noboa atas kemenangannya.

Noboa merupakan lulusan Harvard Kennedy School. Ia adalah putra dan pewaris harta raja pisang, Alvaro Noboa, yang mencoba tetapi gagal untuk terpilih sebagai presiden sebanyak lima kali.

2. Gabriel Boric

Gabriel Boric, mantan pemimpin protes mahasiswa, terpilih sebagai presiden termuda di negara Chile di usia 35 tahun pada Desember 2021. Boric mengalahkan kandidat sayap kanan dengan janji untuk mengubah Chile menjadi "negara kesejahteraan" yang lebih hijau dan egaliter.

3. Nayib Bukele

Nayib Bukele berusia 37 tahun ketika ia terpilih sebagai presiden El Salvador pada bulan Februari 2019. Perangnya melawan geng jalanan yang kejam telah membuatnya mendapatkan pujian dari masyarakat, meskipun mendapat kritik keras dari organisasi hak asasi manusia.

4. Emmanuel Macron

Mantan bankir investasi Emmanuel Macron mengakhiri kenaikan pesat dari seorang menteri ekonomi menjadi presiden termuda Prancis pada tahun 2017 pada usia 39 tahun. Ia diketahui menggunakan sebuah partai baru yang menyebut dirinya "bukan dari kiri atau kanan".

Baca Juga: Deretan Negara dengan Gaji Tertinggi, Tertarik Pindah Negara?

Masa jabatan pertamanya diguncang oleh protes "rompi kuning". Tetapi ia mengalahkan saingan sayap kanan Marine Le Pen untuk kedua kalinya pada April 2022 untuk memenangkan pemilihan kembali.

5. Irakli Garibashvili

Irakli Garibashvili menjadi pemimpin pemerintahan termuda di Eropa pada tahun 2013 ketika ia terpilih sebagai perdana menteri Georgia pada usia 31 tahun. Ia diketahui merupakan anak didik mantan pemimpin dan miliarder Bidzina Ivanishvili.

Ia menganjurkan apa yang ia sebut sebagai kebijakan yang "seimbang" terhadap Rusia. Ia mengambil sikap netral terhadap perang di Ukraina sambil mengupayakan hubungan yang lebih erat dengan UE dan NATO.

6. Leo Varadkar

Leo Varadkar mendobrak tradisi Irlandia Katolik yang tradisional ketika ia menjadi Perdana Menteri (PM) atau Taoiseach gay pertama di negara itu pada tahun 2017. Saat itu, usia Leo 38 tahun, menjadikannya PM termuda dalam sejarah Irlandia.

7. Vjosa Osmani

Vjosa Osmani, seorang profesor hukum, terpilih sebagai presiden perempuan kedua Kosovo pada April 2021 pada usia 38 tahun setelah meraih suara terbanyak dari kandidat mana pun dalam pemilihan parlemen negara tersebut.

"Jangan berhenti, jangan berhenti bergerak maju. Semua impian Anda bisa menjadi kenyataan," katanya kepada para perempuan setelah pemilihannya.

8. Jakov Milatovic

Jakov Milatovic, seorang ekonom pro-Eropa, berusia 36 tahun ketika ia menggulingkan pemimpin lama Milo Djukanovic, seorang sosialis, dalam pemilihan presiden pada bulan April 2023.

Baca Juga: Tak Perlu Dokter, Robot AI Bisa Kenali dan Diagnosa Berbagai Penyakit

Jabatannya sebagian besar bersifat seremonial, namun kemenangan Milatovic mengguncang lanskap politik, membuka jalan bagi platform Europe Now untuk memenangkan pemilihan parlemen dua bulan kemudian.

9. Sanna Marin

Sanna Marin merupakan PM Finladia dari tahun 2019 hingga 2023. Ia diangkat menjadi PM pada usia 34 tahun. Sebelum menjadi PM, Marin merupakan Menteri Transportasi dan Komunikasi Finlandia. Ia tergabung dalam Partai Demokrat Sosial.

10. Jacinda Ardern

Jacinda merupakan PM Selandia Baru periode 2017-2023. Saat menjadi PM, wanita dari Partai Buruh itu baru menyentuh usia 37 tahun. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga