Dalam 7 Bulan, Pengiriman Hewan Ternak dari Flores dan Lembata Capai 27 Ribu Ekor

Berto Davids, telisik indonesia
Senin, 19 Juli 2021
0 dilihat
Dalam 7 Bulan, Pengiriman Hewan Ternak dari Flores dan Lembata Capai 27 Ribu Ekor
Hewan ternak dari Flores dan Lembata di Karantina Pertanian Kelas II Ende. Foto: Ist.

" Kostan mengaku, pihaknya telah melakukan pengawasan di tempat pengeluaran di seluruh wilayah Flores dan Lembata "

ENDE, TELISIK.ID – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Ende, mencatat sertifikasi domestik keluar (dokel) atau pengiriman hewan ternak antar-area, terus meningkat di tahun 2021.

Hingga pertengahan Juli 2021, lintas hewan besar seperti sapi, kerbau, kuda, dan kambing dari Pulau Flores dan Lembata mencapai 27.962 ekor dengan nilai Rp 81,8 miliar.

Bedasarkan data sistem perkarantinaan, Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST) Karantina Pertanian Ende, hewan ternak yang dilalulintaskan mengalami peningkatan, jika dibandingkan pada periode yang sama bulan Juli 2020, Year on Year (YoY).

"Kenaikan mulai dari 56,7% untuk lalu lintas tiap jenis hewan ternak besar ke daerah lain,” ujar Kostan Kepala Karantina Pertanian Ende kepada Telisik.id di Ende, Senin (19/7/2021).

Kostan menjelaskan, hewan yang dilalulintaskan yang mengalami peningkatan pada tahun 2021 sebanyak 4.725 ekor, dengan frekuensi 152 kali atau naik 56,7% yang pada tahun 2020 hanya 3.014 ekor dengan frekuensi 71 kali.

Kemudian kerbau dari 736 ekor dengan frekuensi 36 kali meningkat pada tahun 2021 menjadi 1.672 ekor, dengan frekuensi 87 kali atau naik 127,7%.

Kuda dari 104 ekor dengan frekuensi 23 kali menjadi 360 ekor, dengan frekuensi 70 kali atau naik 246,1%. Kambing dari 10.920 ekor dengan frekuensi 155 kali, menjadi 21.205 ekor dengan frekuensi 481 kali atau naik 94,1%.

Kostan mengaku, pihaknya telah melakukan pengawasan di tempat pengeluaran di seluruh wilayah Flores dan Lembata.

"Tindakan karantina pun sudah dilakukan sebelum hewan dilalulintaskan untuk memastikan komoditas asal sub sektor peternakan ini sehat, layak, dan aman dikonsumsi oleh masyarakat," imbuhnya.

Kostan menambahkan, pihaknya mendorong para peternak melalui kerjasama, pendampingan, dan juga percepatan pelayanan tindakan karantina.

Ia juga mengajak agar pelaku agribisnis dan investor dapat bersama-sama menggerakkan subsektor peternakan di Pulau Flores, sehingga peternakan bisa lebih maju, mandiri, dan modern.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Bambang, mengapresiasi dan mendorong pertumbuhan positif tersebut.

"Meski saat ini masih dalam suasana pandemi, tapi potensi peternakan ini harus kita dukung agar bisa memberikan nilai lebih bagi peternak di Flores,” ungkapnya.

Baca Juga: Ancam Mogok, Ratusan Petugas Kebersihan Kota Baubau Tuntut THR

Baca Juga: 3 Tempat Wisata di Manggarai Timur NTT Ditutup Selama 14 Hari

Menurut Bambang, pihaknya bekerja sesuai arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang akan terus mendorong peningkatan sektor pertanian agar dapat memberikan nilai lebih bagi petani, terutama dalam upaya peningkatan ekspor komoditas pertanian melalui program strategis Kementan yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat (Gratieks).

Hewan ternak dari Pulau Flores dikirim ke beberapa wilayah di nusantara seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Jawa Barat.

Menjelang Idul Adha tahun ini, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, lalu lintas hewan ternak besar mengalami peningkatan.

Bambang berharap, peternak dan pelaku usaha tidak hanya mengandalkan pengiriman hewan hidup. Namun, hilirisasi bisa dilakukan sehingga sudah dalam bentuk setengah jadi bahkan produk siap konsumsi.

Menurutnya, hal ini tentu akan membuka peluang pasar ekspor dan semoga segera terealisasi direct call dari Pulau Flores dan Lembata. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga