Dampak Abu Vulkanik Pasca Erupsi Merapi, Polisi Bantu Bersihkan Jalan

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Minggu, 12 Maret 2023
0 dilihat
Dampak Abu Vulkanik Pasca Erupsi Merapi, Polisi Bantu Bersihkan Jalan
Pasca erupsi gunung merapi, Sat Samapta Polresta Magelang melakukan pembersihan jalan di sejumlah wilayah terdampak. Foto: Ist.

" Erupsi gunung merapi yang terjadi sebagian wilayah Kabupaten Magelang, menyisakan abu vulkanik yang menutupi jalan di wilayah terdampak, Sabtu (11/3/2023) pukul 12.12 WIB "

MAGELANG, TELISIK.ID - Erupsi gunung merapi yang terjadi sebagian wilayah Kabupaten Magelang, menyisakan abu vulkanik yang menutupi jalan di wilayah terdampak, Sabtu (11/3/2023) pukul 12.12 WIB.

Di antaranya wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang meliputi Desa Paten, Sengi, Ngargomulyo, Keningar, Sewukan dan Desa Mangunsuko serta Desa Krinjing.

Polresta Magelang gerak cepat dan tanggap membantu masyarakat di salah satu wilayah terdampak abu vulkanik yaitu di Desa Krinjing Kecamatan Dukun.

Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas, Guguran hingga 1,1 Kilometer

Selain membagikan masker kepada masyarakat, dengan menggunakan mobil Armoured Water Canon (WC) Sat Samapta Polresta Magelang Polda Jawa Tengah, 1 unit mobil Damkar dan 1 unit mobil PDAM dilakukan pembersihan jalan yang tertutup abu vulkanik dipimpin langsung Kapolresta Magelang Polda Jateng, Kombes Pol Ruruh Wicaksono bersama 200 personil gabungan TNI, Polri, Damkar, PDAM serta relawan, di jalan Desa Krinjing Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang pada, Minggu (12/3/2023) pagi hari.

"Kita fokuskan pembersihan jalan Desa Krinjing sepanjang kurang lebih 4 km, karena posisi desa hanya sekitat 5 km dari gunung Merapi dan juga paling terdampak abu vulkanik dengan ketebalan abu yang menutupi jalan kurang lebih 2 cm, sehingga sangat licin dan dapat membahayakan keselamatan bagi pengendara yang melintas ditambah debu yang beterbangan yang dapat mengganggu kesehatan pernapasan juga mata," ungkap Kapolresta Magelang, Kombes Pol Ruruh Wicaksono.

Pihaknya hadir membantu masyarakat yang terdampak abu vulkanik karena melihat masyarakat membersihkan jalan dengan cara manual sehingga kami Polri, TNI juga para relawan membantunya menggunakan peralatan water canon dan PDAM juga Damkar untuk mempercepat proses pembersihan. Apabila tidak segera dibersihkan, cukup membahayakan masyarakat yang melintas karena selain berdebu juga cukup licin apabila tidak dibersihkan.

"Selain itu kita juga membagikan masker kepada masyarakat agar selalu memakainya dan ada 10.000 (sepuluh ribu) buah masker," pungkasnya.

Sementara Sekdes Krinjing, Haryanto mewakili masyarakat desa menyampaikan terimakasih kepada Kapolresta, Dandim beserta seluruh jajaran yang telah membantu masyarakat membersihkan jalan yang tertutup debu vulkanik.

Baca Juga: Deretan Fakta Gunung Merapi Erupsi, Terjadi 19 Kali Gempa

"Sekarang tidak berdebu lagi. Ini mengurangi dampak adanya abu di jalan dan membuat masyarakat jadi sehat sehingga jalan yang dilalui akan lebih nyaman," ungkapnya.

Ketua relawan OPRB Desa Krinjing, Ari Kenang juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran Polresta Magelang, Damkar serta instansi yang terlibat membersihkan debu vulkanik.

"Terimakasih telah membantu membersihkan jalan terdampak erupsi merapi ketebalan 1 sampai 2 cm. Jadi sekali lagi perhatian bapak Kapolresta sangat besar sekali pada kami karena kalau tidak disiram tentunya sangat membahayakan bagi warga yang melintas di jalan debu debu berbangan di jalan sangat berbahaya untuk kesehatan, kami masih berharap tentunya kalau masih ada letusan susulan ada sebaran abu lagi mohon untuk dilakukan bantuan semacam ini lagi," ujarnya. (C-Adv)

Penulis: La Ode Muh. Martoton

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga