Danau Biru Surga Tersembunyi di Kolaka Utara, Tak Kalah Indah dari Green Canyon

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 08 Oktober 2023
0 dilihat
Danau Biru Surga Tersembunyi di Kolaka Utara, Tak Kalah Indah dari Green Canyon
Danau Biru di Kolaka Utara punya pemandangan menakjubkan. Foto: Mariati Alvia Ningsih/Telisik

" Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Kolaka Utara, cobalah mampir ke Danau Biru. Letaknya tak jauh dari jalan lintas provinsi menuju Sulawesi Selatan di Jalan Poros Ranteangin-Kolaka, tepatnya di Kecamatan Walasiho "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Kolaka Utara, cobalah mampir ke Danau Biru. Letaknya tak jauh dari jalan lintas provinsi menuju Sulawesi Selatan di Jalan Poros Ranteangin-Kolaka, tepatnya di Kecamatan Walasiho.

Meski bak surga tersembunyi, letaknya tak begitu jauh dari jalan raya yaitu hanya sekitar 5 menit dari pintu masuk, cocok untuk merehatkan diri sejenak di tengah perjalanan panjang.

Sebelum masuk ke kawasan danau, Anda dimanjakan terlebih dulu dengan pemandangan laut biru dan hamparan pasir yang luas tepat di bawah Danau Biru.

Baca Juga: Puncak Ex Tambang Buton, Wisata Alam yang Belum Terekspose

Tiket masuk juga dibanderol sangat murah, hanya Rp 2.000 per orang jika tak membawa kendaraan, sementara untuk perkir motor Rp 5.000 dan mobil hanya Rp 10.000.

Dari pantai, untuk menuju danau hanya perlu mendaki sekitar 100 meter. Anda bakal terkagum dengan pemandangan danau yang punya warna biru menyala seperti dalam lukisan.

Danau yang lebarnya sekitar 15 meter dengan kedalaman yang bisa mencapai 7 meter itu, dikelilingi tebing tinggi dengan ranting pohon dan stalagmit yang menjuntai.

Anda bisa tetap aman berenang di dalamnya dengan menyewa pelampung atau ban seharga Rp 10.000. Para penjaga danau juga sangat ramah dan bakal terus mengawasi pengunjung agar tetap aman selama bermain air di danau tersebut.

Baca Juga: Pesona Pantai Lakeba, Destinasi Instagramable di Kota Baubau

Meski punya pemandangan indah bagai Green Canyon di Amerika Serikat dan tiket masuk yang sangat murah, sayangnya tempat ini tak banyak dikunjungi wisatawan.

Penjaga Danau Biru, Asrin mengatakan, sejak pandemi COVID-19 tak banyak pengunjung yang datang meski di akhir pekan. Pengunjung biasa hanya ramai saat hari-hari besar seperti Idul Fitri dan tahun baru.

Salah seorang pengunjung, Tiwi sangat kagum dengan keindahan Danau Biru yang pertama kali dilihatnya. Ia sendiri rela menempuh waktu 7 jam dari Kota Kendari hanya untuk menikmati surga alam di Kolaka Utara tersebut. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga