Dari Puluhan Pejabat Dinonjob Bupati Manggarai, 4 Orang Dilantik Kembali, Siapa Mereka?

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 29 April 2022
0 dilihat
Dari Puluhan Pejabat Dinonjob Bupati Manggarai, 4 Orang Dilantik Kembali, Siapa Mereka?
4 pejabat di Manggarai yang dinonjob dilantik kembali. Foto: Prokompim

" Dari 9 pejabat administrator yang dilantik hari ini, empat di antarnya merupakan bagian dari 26 pejabat yang sebelumnya terkena nonjob awal Februari 2022 lalu "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Wakil Bupati Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT) Heribertus Ngabut melantik 158 ASN untuk menduduki jabatan administrator, lurah dan pengawas, Kamis ( 28/4/2022).

Dari 23 lurah di Kecamatan Langke Rembong yng dilantik kebanyakan merupakan wajah-wajah baru. Sementara mantan lurah yang baru diganti dirotasi ke kecamatan dan pos jabatan lain di beberapa OPD.

Demikian juga untuk level jabatan kepala seksi, kasubid dan tenaga fungsional lainnya adalah para ASN yang mendapat promosi.

Menariknya, dalam pelantikan ini terdapat 8 orang pejabat eselon 3A dan satu orang pejabat eselon 3B. Dari 9 pejabat administrator yang dilantik hari ini, empat di antarnya merupakan bagian dari 26 pejabat yang sebelumnya terkena nonjob awal Februari 2022 lalu.

Mereka masing-masing Rudi Rudolof Beno, Inspektur Pembantu Wilayah IV Inspektorat Daerah, Dorotea Bohas yang dilantik menjadi Inspektur Pembantu Wilayah V Inspektorat Daerah, Daniel Baru sebagai Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana dan Yustina Jut menjadi Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Selain itu Robertus Tarsianus Sempel menjadi Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah. Sementara itu Ana Roberta Jalu Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Selanjutnya ada Agustinus Dalur diangkat menjadi Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Daerah, Yosef Sudarso sebagai Sekretaris Kecamatan Reok Barat serta Apolonaris Benediktus Roga yang diangkat menjadi Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Baca Juga: Lelang Pra Dipa Dilakukan Tahun 2021, Proyek Dana Pinjaman Berpengaruh di HPS

Wabup Heri Ngabut menyinggung soal 26 orang ASN yang dicopot pada awal Februari 2022 lalu. Dia pun memberi istilah baru sekadar mengganti kata nonjob.

“Khusus untuk teman-teman yang 26 bukan nonjob, rubah dia punya narasi latih untuk tidak memiliki jabatan,” sebut Wabup Heri dibalas gelak tawa para hadirin.

Wartawan kemudian mencecarnya tentang narasi itu. Tapi kepada pewarta Wabup Ngabut mencoba menjawab taktis.

“Ya itu hanya mengingatkan bahwa pada satu titik ada dinamika. Kita bekerjalah pakai pikiran kita pakai kecerdasan kita untuk waktu melayani. Eselon 3 ini tidak ada uji kompetensi kalau diuji juga belum tentu to, sudahlah,” ujarnya.

Baca Juga: Pegawai Tidak Tetap Setda Butur Diduga Belum Digaji 7 Bulan

Diterangkan dia, pelantikan tiga orang pejabat administrator yang sebelumnya terkena demosi memang untuk melaksanakan rekomendasi Komisi ASN yang memerintahkan bupati untuk mengembalikan puluhan orang itu ke jabatan setara.

“Kita sudah jawab ke Komisi ASN kita berusaha untuk mereposisi yang cukup kompeten dan usia-usia yang masih istilahnya usia-usia masih efektif secara bergilir sesuai dengan jabatan administratur,” imbuh dia.

Dia juga mewanti-wanti 26 ASN yang terkena nonjob untuk lebih disiplin masuk kantor. Tokoh ini juga menyindir pengaduan yang dilayangkan 26 ASN itu ke KASN. (C)

Reporter: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga