Dekatkan Layanan Masyarakat, Dilan Kunjungi Kelurahan

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 31 Agustus 2022
0 dilihat
Dekatkan Layanan Masyarakat, Dilan Kunjungi Kelurahan
Petugas DPM PTSP memberikan layanan pendaftaran usaha warga di Kelurahan Bendera Kecamatan Kadia. Foto: Sumarlin/Telisik.

" Puluhan pemilik usaha kecil di Kelurahan Kadia mengantri untuk menerima layanan dari petugas PTSP "

KENDARI, TELISIK.ID - Mendekatkan layanannya terhadap masyarakat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Kendari, berkunjung ke kelurahan. Rabu (31/8/2022), mobil keliling Digital Melayani (Dilan), berada di Kelurahan Bende Kecamatan Kadia.

Puluhan pemilik usaha kecil di Kelurahan Kadia mengantri untuk menerima layanan dari petugas PTSP. Warga cukup antusias mendata usahanya dengan membuat Nomor Induk Berusaha atau NIB.

Kepala DPM PTSP Kota Kendari, Maman Firmansyah menjelaskan, PTSP sengaja mendatangi masyarakat di kelurahan agar masyarakat lebih mudah menjangkau layanan PTSP.

Apalagi dalam layanan jemput bola tersebut, PTSP memberikan kemudahan pada pelaku usaha mikro dan kecil untuk mendaftarkan usahanya, dengan cara membantu pembuatan akun di OSS dan mendaftarkan NIB mereka.

Baca Juga: Kota Kendari Masuk Nominasi 5 Pilar STBM Award 2022

"Hasil evaluasi kami pemilik usaha kios-kios, atau home industri jarang yang datang ke sini (PTSP) yang banyak datang mengurus izin pemilik usaha besar, padahal ini penting buat mereka agar usahanya diakui pemerintah," ujar Maman di ruang kerjanya, Rabu (31/8/2022).

Dalam pelayanan ini PTSP bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian terkait pendataan pelaku usaha di Kota Kendari. Dalam layanan ini PTSP juga menggandeng pihak kelurahan termasuk RT dan RW untuk mengajak warganya agar mau mendaftarkan usahanya, tanpa dipungut biaya atau gratis.

Baca Juga: Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Kendari Sepakati Perubahan KUA PPAS Tahun 2022

"Proses pendaftarannya mudah cuma memakan waktu 5-10 menit. Persyaratannya kalau UMKM hanya KTP nomor WhatsApp, kemudian mereka tinggal mengestimasi berapa modal dalam membangun usahanya," ungkapnya.

Matan Kabag Protokol Kota Kendari ini menambahkan, hingga saat ini hampir seluruh kelurahan di Kota Kendari sudah dijangkau oleh Mobil keliling Dilan.

Dia berharap layanan ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendaftarkan usahanya karena semua prosesnya mudah dan gratis. (C-Adv)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga