Dekatkan Mahasiswa Pada Al Quran, IAIN Kendari Bentuk BPTQ

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 24 Desember 2019
0 dilihat
Dekatkan Mahasiswa Pada Al Quran, IAIN Kendari Bentuk BPTQ
Peresmian Badan Pembinaan Tilawatil Quran oleh Rektor IAIN Kendari. Foto: Istimewa

" Al Quran adalah bacaan mulia dan menenangkan hati. Al Quran memberi kita petunjuk bagaimana bersikap dan melakukan interaksi sosial, untuk itu wadah BPTQ ini sangat dibutuhkan dalam rangka menjembatani mahasiswa menekuni ilmu Al Quran. "

KENDARI, TELISIK.ID - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mewadahi bakat yang dimiliki oleh mahasiswanya di bidang Bacaan Tilawatil Quran melalui Badan Pembinaan Tilawatil Quran (BPTQ) yang dipelopori oleh Fakultas Syariah IAIN Kendari.

Pendirian BPTQ merupakan langkah positif yang sesuai target institusi yakni mendekatkan mahasiswa kepada Al Quran mengingat bahwa Al Quran adalah sumber pengetahuan dan solusi atas segala permasalahan di dunia.

"Al Quran adalah bacaan mulia dan menenangkan hati. Al Quran memberi kita petunjuk bagaimana bersikap dan melakukan interaksi sosial, untuk itu wadah BPTQ ini sangat dibutuhkan dalam rangka menjembatani mahasiswa menekuni ilmu Al Quran," ujar Rektor IAIN Kendari Faizah Binti Awad, Senin (23/12/2019).

Selain menumbuhkan kecintaan mahasiswa kepada Al Quran, BPTQ juga sebagai wadah mahasiswa untuk pengembagan ilmu tajwid Al Quran, sebagaimana yang menjadi prasyarat kelulusan mahasiswa di IAIN Kendari.

Baca Juga: Bawaslu Siapkan Ratusan Pengawas Pilkada Tingkat Kecamatan

"Didirikannya BPTQ ini dengan tujuan menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan talenta pada bidang seni baca dan menulis Al Quran, seperti tilawatil quran, syahril quran, tahfizh quran, qiratuul kutub dan karya tulis ilmiah Al Quran," tambah Ketua BPTQ Fakultas Syariah, Muh. Hadi.

Fakultas Syariah telah menunjuk beberapa dosen sebagai pembimbing yang akan mendampingi mahasiswa pada BPTQ tersebut.

Reporter: M1
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga