Dekranasda Kolaka Timur Siap Bangun Industri Kerajinan dan Budaya Berdaya Saing

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 15 November 2022
0 dilihat
Dekranasda Kolaka Timur Siap Bangun Industri Kerajinan dan Budaya Berdaya Saing
Plt, Bupati Kolaka Timur, Abd Azis mengukuhkan pengurus Dekranasda Kebupaten Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Plt Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, menghadiri acara pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Plt Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, menghadiri acara pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Selasa (15/11/2022).

Kegiatan pengukuhan ini dihadiri oleh Sekda, OPD, Ketua Dekranasda, serta forum UMKM Kolaka Timur.

Dalam sambutannya Plt Bupati Kolaka Timur, Abd Azis mengucapkan, selamat kepada seluruh jajaran pengurus Dekranasda yang dikukuhkan.

"Hendaknya momentum pengukuhan ini kita maknai secara positif sebagai garis awal kepemimpinan satu periode ke depan," ucapnya.

Baca Juga: Insentif Perangkat Desa Belum Dibayar, DPMD Muna Pastikan jadi Utang Daerah

Ia menuturkan, Dekranasda merupakan lembaga independen yang hadir sebagai wadah berhimpunnya segenap pelaku kepentingan kerajinan di Kabupaten Kolaka Timur.

Plt, Bupati Kolaka Timur, Abd Azis mengukuhkan pengurus Dekranasda Kebupaten Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Tugas dan fungsi Dekranasda adalah menjadi mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan membina serta mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin.

"Melalui perumusan Dekranasda ini kita maksimalkan potensi kerajinan daerah, termasuk menjalin kerja sama dengan semua pihak," ucap Abd Azis.

Abd Azis berharap, Dekranasda dapat melakukan bimbingan dan pembinaan kepada pelaku pengrajin yang nantinya akan bisa berkarya dan berkreasi dengan sesuatu yang baru, serta mampu mendorong percepatan ekonomi masyarakat.

"Saya berharap pengurus yang baru saja dilantik memiliki kemampuan dan kompetensi yang membangun kreativitas dan inovasi kreatif," papar Abd Azis.

Dekranasda bisa berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan karya cipta serta produksi buatan negeri sendiri.

"Teruslah mensosialisasikan selogan cintailah produk dalam negeri, dengan spirit gerakan membangun dan melayani masyarakat," tambahnya.

Plt, Bupati Kolaka Timur, Abd Azis mengukuhkan pengurus Dekranasda Kebupaten Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Tempat sama, Ketua Dekranasda Kolaka Timur, Hartini Azis mengatakan, Dekranas adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pecinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan.

Juga berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian merupakan kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hartini mengatakan dengan keberadaan Dekranasda di Kolaka Timur ini dapat menjadi perhatian untuk pemerintah, masyarakat dan berbagai kalangan, utamanya yang erat kaitannya dengan seni kerajinan budaya.

Dalam meningkatkan peran dan fungsinya, Dekranasda menetapkan visi terwujudnya industri kerajinan dan budaya daerah yang tangguh dan berdaya saing menuju Kabupaten Kolaka Timur sejahtera.

Sebelum dilakukan pengukuhan pengurus  Dekranasda sudah melakukan beberapa kegiatan seperti melakukan inventarisasi kelompok kerajinan yang berada di Kabupaten Kolaka Timur.

Baca Juga: Tahun 2023, Pemkot Kendari Akan Percepat Lelang Proyek Strategis

Serta melakukan kerja sama dengan Forum UMKM dalam membina dan fasilitasi pemasaran produk dalam kegiatan pameran, melakukan penataan kesekretariatan sebagai pusat pelayanan dan kegiatan koordinasi Dekranasda.

"Selain itu kita juga sudah kerja sama dengan Dinas Koperindag dan UKM dalam kegiatan sayembara desain tenun dan batik khas Kolaka Timur," ucap Hartini.

Sementara itu, Kapala Dinas Koperasi, Perdagangan, Perindustrian dan UKM, Muhammad Aras, sangat mendukung adanya Dekranasda di Kolaka Timur.

"Dengan adanya Dekranasda, para pelaku UMKM kini memiliki wadah untuk bisa mengembangkan usahanya," ucap Aras.

Ia juga berharap, ke depan UMKM dapat berperan aktif dalam menggerakkan roda perekonomian di Kolaka Timur. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga