Demi Bangun Koalisi dengan KIR, Golkar Melunak Airlangga Cawapres

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
Demi Bangun Koalisi dengan KIR, Golkar Melunak Airlangga Cawapres
Rakerda Partai Golkar di Jawa Timur dalam persiapan menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Foto: Ist.

" Partai Golkar tampaknya melunak untuk tidak mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024 mendatang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Partai Golkar tampaknya melunak untuk tidak mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024 mendatang.

Partai berlambang pohon beringin itu mulai membuka opsi Airlangga Hartartarto sebagai cawapres untuk membangun sebuah koalisi besar dengan Koalisi Indonesia Raya (KIR) yang mengusung Capres Prabowo Subianto.

"Menggabungkan dua koalisi bukan soal mudah, karena masing-masing koalisi pasti punya target. Namun, jika salah satu koalisi mau menurunkan target, kemungkinan penggabungan koalisi bisa terjadi," jelas Ketua Golkar Jawa Timur, Sarmuji, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga: Menuju Pilpres Anies Ungguli Ganjar, Prabowo Menang Banyak

Sarmuji mengatakan, demi terbentuknya koalisi yang lebih solid dan besar, Golkar bersedia melakukan negosiasi.

"Beberapa opsi akan kami tawarkan. Jika kami capres yang lain (KKIR) seperti apa, dan jika KKIR capres tentu  Golkar cawapres," jelasnya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Presiden Golkar, Nusron Wahid menyebut, KKIR sebelumnya telah menentukan bakal capres yang akan diusung adalah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Baca Juga: Keterlibatan Mahasiswa pada Pemilu 2024

Dengan demikian kata dia, partai dalam KIB rela mengalah tak lagi mengejar kursi bacapres, melainkan cawapres asal bisa melebur dengan KKIR yang dihuni Gerindra dan PKB.

"Kan KKIR sudah mempunyai calon presiden yang pakem, yang tidak mau ditawar, namanya Prabowo Subianto. Supaya ini bisa melebur, kan kita juga harus ada yang mau mengalah. Oke kalau begitu presidennya dari KKIR, tapi wakil presidennya dari KIB," kata Nusron beberapa hari lalu. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga