Menuju Pilpres Anies Ungguli Ganjar, Prabowo Menang Banyak

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
Menuju Pilpres Anies Ungguli Ganjar, Prabowo Menang Banyak
Hasil survei Indonesia Political Opinion periode Juni 2023, menunjukkan Prabowo Subianto sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi di banding bakal calon presiden lainnya. Foto: Ayobandung

" Hasil survei Indonesia Political Opinion periode Juni 2023, menunjukkan Prabowo Subianto sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi dibanding bakal calon presiden lainnya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Hasil survei Indonesia Political Opinion periode Juni 2023, menunjukkan Prabowo Subianto sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi dibanding bakal calon presiden lainnya.

Dalam semua jenis simulasi survei yang dilakukan, Prabowo selalu berada di urutan teratas. Diikuti Anies Baswedan di posisi kedua, dan Ganjar Pranowo di urutan ketiga.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, dalam skema pilihan 40 nama semi terbuka, Prabowo unggul dengan elektabilitas 27,3 persen. Disusul Anies 24,6 persen dan Ganjar 16,2 persen.

Baca Juga: Bawaslu Manggarai Sambangi Parpol untuk Cegah Potensi Pelanggaran

Pada skema 20 nama tertutup, elektabilitas Prabowo sebesar 28,5 persen. Anies memiliki 24,9 persen, sementara Ganjar hanya 18,6 persen.

Selanjutnya pada skema pilihan 10 nama tertutup, elektabilitas Prabowo juga mengungguli Anies dan Ganjar. Elektabilitas Menteri Pertahanan itu mencapai 32,5 persen. Diikuti Anies 25,8 persen dan Ganjar 21 persen.

Sementara dilansir dari Tribunnews.com, pada head to head (2 nama), Prabowo selalu menang lawan Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan.

Baca Juga: Keterlibatan Mahasiswa pada Pemilu 2024

Dalam simulasi Prabowo vs Anies, Menteri Pertahanan RI itu memperoleh dukungan 58,3 persen, sedangkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu hanya 37,1 persen. Selisih 21,2 persen.

Kemudian simulasi Prabowo vs Ganjar, Menhan meraih 51,7 persen dan Gubernur Jawa Tengah mendapatkan elektabilitas 36,5 persen. Selisih keduanya 15,2 persen.

Selanjutnya simulasi Ganjar vs Anies. Capres dari PDIP-PPP-Hanura-Perindo itu hanya meraih 44,4 persen. Anies melewati 50 persen di angka 52 persen. Selisih sebesar 7,6 persen. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga