Demi Kenyamanan, Pemkot Kendari Siap Benahi Pasar Sentral Wuawua

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 07 November 2022
0 dilihat
Demi Kenyamanan, Pemkot Kendari Siap Benahi Pasar Sentral Wuawua
Pemerintah Kota Kendari akan membenahi Pasar Sentral Wuawua, diharapkan bisa menarik kunjungan pembeli. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari akan membenahi Pasar Sentral Wuawua, yang diharapkan bisa menarik kunjungan pembeli "

KENDARI TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari akan membenahi Pasar Sentral Wuawua, yang diharapkan bisa menarik kunjungan pembeli.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, setidaknya ada dua hal yang harus dibenahi dari keberadaan Pasar Sentral Wuawua tersebut. Dua hal itu adalah pembenahan manajemen operasional dan manajemen sumber daya pasar itu sendiri.

"Tentu akan ada langkah-langkah pemerintah sehingga pemkot bersama DPRD Kota Kendari, memohon dukungan dari seluruh warga khususnya pedagang yang sudah punya kios di pasar ini untuk merembukkan secara bersama-sama," tuturnya, Senin (7/11/2022).

Baca Juga: Maksimal Cegah Stunting 1.000 Hari Pertama Anak

Pembenahan manajemen operasional berupa bentuk pengelolaan secara menyeluruh dan optimal, pada masalah barang-barang atau produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Dari pantauan Telisik.id, Pasar Sentral Wuawua sendiri masih banyak memiliki kekurangan baik dari fasilitas yang belum memadai, hingga produk maupun barang dan jasa yang dijual kurang lengkap menyebabkan pasar ini sepi pembeli.

Pedagang yang berada di pasar ini sebagian besar adalah penjual baju dan sembako, sedangkan sisanya diisi oleh pedagang asongan dan pedagang kecil lainnya. Sedangkan untuk manajemen sumber daya, perlu ditingkatkan guna memberikan pelayanan lebih baik kepada pembeli. 

Selain itu, anggota DPRD Kota Kendari, Andi Sulolipu mengatakan, akan selalu mendukung pemkot dalam hal pembenahan pasar.

Baca Juga: Tak Hanya Joging, Ada Tari Lulo di Kolam Retensi Boulevard Kendari

"Kita selaku Komisi II akan mendukung pemkot dan akan kita lakukan demi pelayanan terbaik bagi masyarakat," ungkapnya.

Pemkot juga berencana melakukan pembenahan fisik pasar tersebut, di antaranya adalah pembenahan fasilitas umum seperti lahan parkir dan akses dari lantai 1 ke lantai 2 yang akan diperluas, serta memberikan sentuhan seni pada bagian depan pasar.

Hal tersebut diungkapkan pula oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Rizki Brilian Pagala yang akan melakukan pembenahan, seperti sirkulasi udara serta disediakan akses langsung ke lantai dua juga akan diterapkan sistem zonasi.

"Sistem zonasi akan ditata kembali area pasar ini seperti penjual ikan, sayur dan aneka sembako," katanya. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga