Demo Ricuh, Kepala BLK Kendari: Aksinya Salah Alamat

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 18 Maret 2021
0 dilihat
Demo Ricuh, Kepala BLK Kendari: Aksinya Salah Alamat
Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu. Foto: Ibnu/Telisik

" Yang harus dipahami Pokja bekerja secara independen tanpa pernah saya intervensi. Artinya, mereka bekerja melaksanakan proses lelang pengerjaan workshop dan oleh Kepala BLK Kendari membiarkan itu tanpa harus dicampuri. "

KENDARI, TELISIK.ID - Aksi demonstrasi berujung ricuh terjadi di depan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Kendari, antara pihak kepolisian dan para demonstran.

Menanggapi hal itu, Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu menjelaskan, beberapa tuntutan dari masa aksi yakni meminta untuk membatalkan hasil lelang pekerjaan workshop las dan workshop otomotif mobil.

"Yang harus dipahami Pokja bekerja secara independen tanpa pernah saya intervensi. Artinya, mereka bekerja melaksanakan proses lelang pengerjaan workshop dan oleh Kepala BLK Kendari membiarkan itu tanpa harus dicampuri," ungkapnya, Kamis (18/3/2021).

Selain itu, Polondu mengatakan, di tahun 2020 dan 2021 sudah berbeda mekanisme kerja, yang dimana sebelumnya itu pengangkatan dan pembentukan tim Pokja dilakukan oleh Kepala BLK.

"Tahun 2021 ini Kepala BLK tidak membuat surat keputusan tentang pengangkatan dan penetapan Pokja, dan saat ini anggota Pokjanya sudah digabung dua dari ULP Kementerian Ketenagakerjaan serta tiganya dari sini dan koordinasinya bukan sama Kepala BLK lagi, tapi langsung di kementerian," jelasnya.

Baca juga: Unjuk Rasa di Kendari Bentrok, Massa dan Jurnalis Dipukul Polisi

Polondu juga mengungkapkan, demonstrasi yang dilakukan itu salah alamat, yang seharusnya bukan menyuarakan itu di BLK Kendari.

"Demonya salah alamat karena yang kendalikan Pokja ini kepala ULP Kementerian bukan Kepala BLK," tegasnya.

Sementara itu, aksi demonstrasi yang berujung kekerasan pada masa aksi dan seorang jurnalis yang dilakukan aparat kepolisian itu mendapat respon Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto didampingi Kasat Reskrim Polres Kendari AKP I Gede Pranata Wiguna.

AKBP Didik Erfianto pun meminta maaf atas terjadinya insiden dalam pengamanan aksi demonstrasi depan Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari.

“Insiden ini berawal aksi demontrasi yang masuk ke dalam lingkungan BLK Kendari, dan sudah kami mediasi untuk bertemu dengan pihak BLK. Akan tetapi saat perwakilan pengunjuk rasa akan masuk, ada miskomunikasi dengan adanya upaya lain dari massa yang ingin melakukan penyegelan kantor BLK Kendari. Akhirnya harus kami tindak tegas. Penanganan aksi demonstrasi ini sudah sesuai SOP,” ujar Didik. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga