Deretan Fakta ATM yang Jarang Diketahui

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 17 November 2022
0 dilihat
Deretan Fakta ATM yang Jarang Diketahui
ATM (Automated Teller Machine) atau populer di Indonesia dengan sebutan Anjungan Tunai Mandiri adalah mesin yang digunakan untuk membantu proses transaksi keuangan secara cepat, praktis dan terintegrasi. Foto: Repro Fin.co.id

" Penemu mesin ATM yaitu John Shepherd-Barron. Mesin ATM pertama di dunia adalah milik Bank Barclays yang dipasang pada 1967 "

KENDARI, TELISIK.ID - Hampir semua orang memiliki tabungan, bahkan tak sedikit yang mempercayakan uangnya untuk menyimpannya di bank. Tapi tahukah kamu, seperti apa sejarah terbentuknya ATM dari masa ke masa.

Melansir Wikipedia.com, ATM (Automated Teller Machine) atau populer di Indonesia dengan sebutan Anjungan Tunai Mandiri, adalah mesin yang digunakan untuk membantu proses transaksi keuangan secara cepat, praktis dan terintegrasi.

Berikut ini beberapa fakta terbentuknya ATM dikutip dari Kumparan.com.

1. Penemu mesin ATM yaitu John Shepherd-Barron. Mesin ATM pertama di dunia adalah milik Bank Barclays yang dipasang pada 1967.

Sementara ATM berjaringan pertama ditemukan oleh Don Wetzel pada 1968. ATM yang juga dikenal sebagai docuteller itu mulai digunakan secara umum pada 2 September 1969 di Chemical Bank, Rockville, New York.

2. ATM makin populer dan merevolusi industri bank pada 1980-an. Dampak dari populernya ATM ini adalah orang-orang jadi semakin sedikit yang langsung mendatangi bank, lebih memilih ke ATM terdekat.

Imbasnya lagi, beberapa fungsi yang sebelumnya hanya dilakukan oleh teller di bank, seperti misalnya mengecek saldo hingga transfer uang antar rekening, kini bisa secara mandiri melalui ATM.

Baca Juga: Peneliti Arab Saudi Temukan Padang Lamun Terbesar Dunia di Laut Bahama

3. Kemunculan pertama kali ATM di Indonesia adalah Bank Dagang Bali pada 1985. Kemudian menyusul pada 1986, Bank Niaga memasang ATM di kantor pusatnya di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak bank yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun dari sekian banyak bank yang ada di Indonesia, hanya 7 merk saja yang familiar digunakan.

Mengutip Pakaiatm.com, berikut ini 7 merk ATM yang sering digunakan di Indonesia.

1. LG

Tidak hanya dikenal akan sebuah alat elektroniknya saja, perusahaan asal Korea Selatan bernama LG ini juga ternyata mengeluarkan produk mesin ATM. Di mana mesin ATM LG tersebut sudah digunakan oleh beberapa bank-bank di Indonesia.

2. OKI

OKI menjadi salah satu merk ATM berikutnya yang berasal dari Jepang. Namun baru beberapa bank di Indonesia yang menggunakan merk ATM OKI ini, karena merek satu ini masih tergolong baru di Indonesia.

3. GRG

GRG ATM asal Gunagzhou,China. GRG merupakan perusahaan spesialisasi produk industri swalayan keuangan seperti terlibat dalam R&D, manufaktur, penjualan dan layanan, pengembangan perangkat lunak ATM, AFC, pengenalan mata uang, serta peralatan pemrosesan keuangan lainnya.

4. Hyosung

Hyosung merupakan mesin ATM asal Korea Selatan. Hyosung menjadi merk ATM berikutnya yang juga banyak digunakan oleh bank-bank di Indonesia karena dipercaya dalam memenuhi kebutuhan transaksi keuangan orang atau nasabah dari bank di Indonesia.

Baca Juga: Peneliti Arab Saudi Temukan Padang Lamun Terbesar Dunia di Laut Bahama

5. Wincor Nixdorf

Merk ATM ini juga tentunya tidak asing bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia perbankan cukup lama. Salah satu bank yang menggunakan mesin ini yaitu Bank Mandiri.

6. NCR

Merk selanjutnya datang dari perusahaan Amerika Serikat dengan nama NCR. NCR sudah terkenal dengan produk atau teknologi khusus di sektor finansial dan retail seperti point of sale, sistem pemprosesan cek, pemindai kode bar, dan tentunya mesin ATM serta beberapa barang lainnya.

7. Diebold

Merk ini juga datang dari Amerika Serikat yang bernama Diebold, merk satu ini sudah bisa dikatakan tidak asing lagi di Indonesia ataupun luar negeri. Diebold menjadi salah satu mesin ATM yang digunakan oleh bank-bank di Indonesia tidak terkecuali oleh bank Mandiri dan BRI. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga