Dikbud Sulawesi Tenggara Terus Tingkatkan Kualitas Guru

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 14 Desember 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Terus Tingkatkan Kualitas Guru
Guru-guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin, mengimbau guru-guru terus meningkatkan kualitasnya agar siswa-siswi bisa berprestasi hingga ke jenjang internasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Kualitas guru dan kurikulum sangat penting sebagai langkah untuk tingkatkan rasa ingin tahu dan kualitas peserta didik. Setiap guru dapat meningkatkan kinerja, kompetensi, dan kemampuannya dalam mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, Yusmin, mengimbau guru-guru terus meningkatkan kualitasnya agar siswa-siswi bisa berprestasi hingga ke jenjang internasional.

Menurutnya, selama ini guru-guru di Sulawesi Tenggara terlalu cepat berpuas diri sehingga hasil dari anak didiknya hanya bisa berprestasi di tingkat daerah, bahkan tidak mampu berbicara banyak jika berlomba di tingkat nasional sekalipun.

“Ke depan kita tidak ingin guru-guru di Sultra standarnya hanya lokal saja, kita harus bisa berbicara di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Yusmin.

Baca Juga: Wujudkan SMK Berkualitas, Dikbud Sultra Harapkan Prestasi Gemilang dalam Berkompetisi

Dari peningkatan kualitas guru diharapkan dapat membentuk mentalitas murid, baik dari segi kognitif maupun motorik sehingga bisa berprestasi tidak hanya di daerah, tetapi sampai ke nasional bahkan internasional juga.

Yusmin, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

 

“Intinya kita berharap dengan peningkatan kualitas ini, para siswa bisa percaya diri saat bersaing di tingkat-tingkat yang lebih tinggi,” tambahnya.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Dorong Pelajar Berkembang di Dunia Pertambangan

Kepala sekolah SMAN 1 Kendari, Ruslan mengatakan, manfaat yang diperoleh dari peningkatan kualitas guru tidak hanya dirasakan oleh para guru itu sendiri, tetapi juga dirasakan oleh seluruh siswa yang bisa mengembangkan bakat dan kreativitasnya.

Guru dan kepala sekolah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

“Siswa-siswi kita sudah bisa bersaing di skala nasional dan kita harapkan bisa menuju internasional,” ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga