Deretan Fakta Kucing Pallas yang Terancam Punah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 23 Oktober 2022
0 dilihat
Deretan Fakta Kucing Pallas yang Terancam Punah
Kucing Pallas masuk ke dalam daftar merah hewan yang telah terancam punah. Foto: Repro Idntimes.com

" Kucing Pallas biasa juga disebut Manul, adalah kucing liar yang diberi nama oleh naturalis Jerman Peter Simon Pallas, yang pertama kali mendeskripsikan spesies ini pada 1776 "

KENDARI TELISIK.ID - Kucing adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Kucing umumnya menjadi hewan peliharaan yang banyak digemari.

Kucing Pallas biasa juga disebut Manul, adalah kucing liar yang diberi nama oleh naturalis Jerman Peter Simon Pallas, yang pertama kali mendeskripsikan spesies ini pada 1776.

Dilansir dari Utakatikotak.com, nama ilmiah kucing Pallas yang dimodifikasi menjadi Otocolobus Manul, berasal dari bahasa Yunani, otocolobus sendiri berarti bertelinga jelek. Kucing Pallas termasuk ke dalam spesies kucing yang terancam punah.

Berikut ini deretan fakta kucing pallas dilansir dari berbagai sumber, antara lain:

1. Spesies kucing dari Asia Tengah

Mengutip Medcom.id, kucing Pallas dapat hidup di wilayah Asia Tengah, Iran Barat hingga China Barat. Dalam area tersebut, kucing Pallas lebih menyukai lingkungan yang dingin, bersalju dan gersang yang berada di ketinggian antara 3.000-5.000 m, dan berbagi habitat dengan macan tutul salju.

Baca Juga: Simak 4 Tipe Orang yang Suka Menunda, Apa Kamu Termasuk?

2. Mirip kucing rumahan

Dilansir dari Idntimes.com, kucing Pallas memiliki ukuran yang mirip dengan jenis kucing rumahan yang biasa dipelihara. Kucing Pallas yang memiliki berat berkisar 2,2-4,5 kg ini memiliki tubuh yang ringkas, berkaki pendek, berbulu sangat tebal dan wajah berjanggut dengan ekspresi seperti Grumpy Cat. Kucing Pallas menghuni pegunungan, padang rumput stepa, dan medan semi-gurun.

3. Musim kawin kucing Pallas tergolong singkat

Kucing Pallas betina memiliki masa estrus yang lebih singkat dari jenis kucing lainnya, yaitu sekitar 26 hingga 42 jam saja. Perkawinan antar kucing Pallas berlangsung antara bulan Desember hingga Maret dan lahir pada akhir Maret hingga Mei dengan periode kehamilan 66-75 hari. Kucing Pallas bisa mulai bereproduksi saat usianya 10 bulan.

Baca Juga: Reaksi Wanita Non Muslim Tetiba Dipakaikan Hijab, Cantiknya Bikin Kaget

4. Tak mahir berlari

Kucing Pallas, tidak seperti beberapa kucing lainnya, tidak memiliki kaki belakang yang kuat dan panjang yang membantu mereka berlari dengan sangat cepat. Ketika dikejar oleh pemangsa, mereka bersembunyi, sebagian besar, disebabkan oleh tubuh mereka yang pendek, kokoh, dan berisi. 

5. Terancam punah

Tim konservasi internasional menyediakan tanah seluas 12 mil di Taman Alam Sailyugemsky, di Pegunungan Altai antara Kazakhstan dan Mongolia sebagai tempat perlindungan bagi kucing langka. Di sana para peneliti berharap bisa lebih memantau populasi, mempelajari habitat, dan membangun database informasi yang rinci mengenai perkembangan kucing Pallas ini. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga