Bunda, Kenali 6 Ciri Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 17 Februari 2023
0 dilihat
Bunda, Kenali 6 Ciri Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas
Perkembangan anak menjadi aspek yang paling diperhatikan oleh setiap orang tua. Foto: Repro Klikdokter.com

" Anak yang lincah dan penuh semangat menandakan bahwa tubuhnya mendapatkan gizi atau nutrisi yang cukup sehingga terlihat berenergi "

KENDARI, TELISIK.ID - Anak adalah anugerah bagi setiap orang tua di dunia. Perkembangan anak menjadi aspek utama yang paling diperhatikan oleh ayah dan ibu, mereka tentu berharap sang anak dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Dilansir dari Fimela.com dan Edukasi.sindonews.com, berikut ciri anak yang tumbuh sehat dan cerdas.

1. Bergerak Aktif dan Lincah

Pertanda pertama anak sehat dan cerdas adalah ketika ia suka bergerak aktif, tak suka berdiam diri, terlihat selalu ceria dan lincah. Anak yang lincah dan penuh semangat menandakan bahwa tubuhnya mendapatkan gizi atau nutrisi yang cukup sehingga terlihat berenergi.

Umumnya anak yang sehat antusias sekali ingin menghabiskan waktunya untuk bermain dan bergerak, dan anak yang aktif bergerak biasanya otaknya lebih cerdas dibanding yang pendiam karena mengalami banyak stimulasi yang mendukung otaknya berkembang.

2. Cara Anak Berkomunikasi dengan Orang Lain

Dijelaskan oleh psikolog Gracia Ivonika, M.Psi., tanda-tanda anak memiliki tingkat kecerdasan tinggi bisa dilihat dari caranya berkomunikasi dengan orang lain.

Baca Juga: 4 Bahaya Sikap Pilih Kasih Dalam Didik Anak

“Umumnya anak dengan IQ yang diprediksi tinggi dapat dilihat dari bagaimana kita berinteraksi dengan si anak maupun bagaimana kapabilitas kemampuannya dalam keseharian,” jelasnya.

“Misalnya saat berinteraksi atau berdiskusi bersama, cara anak merespons, bertanya, menyampaikan argumen, dan memproses informasi lebih baik dari anak lain seusianya,” lanjutnya.

3. Mudah Mengingat Sesuatu

Anak yang sehat dan cerdas juga mudah mengingat sesuatu karena kinerja otak anak paling optimal ketika ia dalam kondisi tubuh sehat dan mendapatkan cukup nutrisi dari makanan sehari-hari.

Anak-anak yang mudah mengingat sesuatu juga menandakan bahwa ia memiliki otak yang bekerja dengan baik bahkan kemampuan memori atau daya ingat yang kuat. Ini tanda awal kecerdasan otak tingkat tinggi, karena anak-anak pada umumnya butuh waktu untuk mengingat sesuatu.

4. Anak Lahir dengan Berat Badan Besar

Melansir dari News Com AU, penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal mengamati sebanyak 3.000 bayi yang baru lahir. Hasil penelitian menunjukan bahwa bayi yang lahir dengan berat badan besar memiliki IQ yang sedikit lebih tinggi daripada bayi dengan berat badan rendah.

5. Tubuhnya Tumbuh Tinggi

Ciri anak sehat dan cerdas lainnya adalah tubuhnya tumbuh tinggi dengan berat badan ideal. Bahkan ini dapat dibuktikan secara ilmiah. Riset yang dilakukan di Priceton University menemukan bahwa anak dengan tubuh tinggi menghasilkan tes kognitif lebih baik bahkan sebelum sekolah terstruktur dimulai.

Baca Juga: Anak di Pati Kecanduan Porno Hingga Ada yang Dirawat

Saat sekolah, ia cenderung memiliki pencapaian akademik yang lebih baik dan mampu bersaing dalam pelajaran.

6. Cepat Mempelajari Hal Baru

Dijelaskan oleh psikolog Gracia, suka mencoba hal baru dan memiliki sifat yang pantang menyerah bisa menjadi indikasi bahwa anak memiliki kecerdasan yang tinggi.

“Dilihat dari keseharian juga, anak tampak secara akademis performanya lebih unggul dari anak-anak di kelasnya. Cepat juga mempelajari hal baru. Kreatif dalam menemukan alternatif pemecahan masalah sehari-hari,” ucap psikolog Gracia. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga