Deretan Jurusan Kuliah Diklaim Punya Prospek Masa Depan Cerah

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 25 Juni 2024
0 dilihat
Deretan Jurusan Kuliah Diklaim Punya Prospek Masa Depan Cerah
Lulusan jurusan tersebut memiliki prospek yang sangat baik, karena selalu ada permintaan untuk dunia kerja. Foto: Repro Istockphoto

" Beberapa jurusan kuliah ini telah diidentifikasi sebagai pilihan yang menjanjikan dengan peluang kerja yang baik, serta potensi penghasilan yang tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Daftar jurusan kuliah ini berpeluang tinggi punya masa depan cerah. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah tren pasar kerja, perkembangan teknologi, kebutuhan industri, dan minat pribadi.

Beberapa jurusan kuliah ini telah diidentifikasi sebagai pilihan yang menjanjikan dengan peluang kerja yang baik, serta potensi penghasilan yang tinggi. Bagi Telisikers yang masih galau memilih jurusan apa, simak rekomendasi jurusan kuliah dengan masa depan cerah berikut dikutip dari viva.co.id, Selasa (25/6/2024).

1. Teknik Informatika/Ilmu Komputer

Kebutuhan akan profesional di bidang teknologi terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi digital. Peluang karier di jurusan ini sangat luas, mulai dari pengembang perangkat lunak, insinyur sistem, analis keamanan siber, hingga ilmuwan data.

Kemampuan di bidang ini sangat dibutuhkan di berbagai industri, menjadikan lulusan Teknik Informatika sangat dicari.

2. Teknik Elektro

Dengan perkembangan teknologi dan energi terbarukan, insinyur elektro selalu dibutuhkan. Peluang karier dalam jurusan ini mencakup beberapa posisi seperti insinyur jaringan, insinyur tenaga listrik, dan insinyur telekomunikasi.

Keahlian di bidang teknik elektro diperlukan untuk mendukung infrastruktur modern dan inovasi teknologi masa depan.

3. Kesehatan

Profesi di bidang kesehatan selalu dibutuhkan dan cenderung stabil. Peluang karier yang dapat ditempuh di bidang ini antara lain dokter, perawat, apoteker, ahli gizi, dan terapis fisik.

Lulusan dari jurusan kesehatan memiliki prospek yang sangat baik karena selalu ada permintaan untuk tenaga medis yang berkualitas.

4. Bisnis dan Manajemen

Setiap organisasi membutuhkan manajemen yang efektif, menjadikan bidang ini selalu relevan. Peluang karier dalam jurusan ini cukup luas, mulai dari manajer proyek, konsultan bisnis, analis keuangan, hingga manajer sumber daya manusia.

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Gen Z

Lulusan jurusan bisnis dan manajemen berperan penting dalam mengarahkan dan mengoptimalkan operasi perusahaan.

5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan adalah jurusan yang relatif baru di Indonesia. Kelahiran jurusan ini menunjukkan semakin dibutuhkannya SDM kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan.

Lulusan jurusan ini diharapkan mampu berkontribusi dalam inovasi teknologi yang memajukan industri, dikutip dari brainacademy.co.id.

6. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin berkutat pada mesin yang digunakan pada berbagai objek teknologi. Jurusan ini juga mengajarkan tentang pembuatan dan pengoperasian robot.

Calon mahasiswa yang ingin masuk ke jurusan ini diharapkan memiliki pengetahuan dasar sains, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia, untuk mendukung pembelajaran mereka.

7. Teknik Biomedik

Jurusan Teknik Biomedik menggabungkan ilmu keteknikan dan ilmu kedokteran untuk mempelajari perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan.

Jurusan ini hadir untuk membangun teknologi kesehatan demi mengembangkan industri alat medis di Indonesia. Lulusan jurusan ini akan berperan penting dalam inovasi alat kesehatan yang canggih.

8. Matematika

Jurusan Matematika akan membuat mahasiswanya memecahkan permasalahan melalui permodelan rumus beserta hitungan matematika, sehingga dapat ditemukan solusinya.

Mata kuliah yang dipelajari mencakup Aljabar, Kalkulus, Geometri, Matematika keuangan, dan lainnya. Lulusan jurusan ini dibutuhkan untuk berbagai analisis data dan penelitian.

9. Statistika

Salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah data scientist. Salah satu jurusan pencetak lulusan yang mampu bekerja di bidang itu ialah Jurusan Statistika.

Mahasiswa jurusan ini akan diajarkan tata cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, hingga menyajikan data dengan baik.

10. Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi mempelajari strategi pengelolaan sumber daya yang terbatas terhadap permintaan yang tidak terbatas untuk mencapai kesejahteraan. Kemampuan menyusun strategi seperti itu juga dibutuhkan di instansi pemerintahan dan swasta.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal

Lulusan jurusan ini akan terus dicari karena pentingnya peran ekonomi dalam perkembangan suatu negara.

11. Desain

Lulusan Jurusan Desain, baik itu Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, maupun Desain Interior, banyak dicari. Kreativitas dan kemampuan mereka menggunakan teknologi mampu menarik minat masyarakat luas.

Selain itu, ada pula Jurusan Desain Mode yang cocok bagi mereka yang tertarik dengan industri fesyen.

12. Pendidikan

Guru memiliki peran penting dalam membangun SDM di dunia. Oleh karena itu, lulusan Jurusan Pendidikan selalu dibutuhkan. Anda dapat memilih untuk kuliah di berbagai jurusan pendidikan seperti PGSD, PAUD, PLB, atau lainnya. Semua jurusan ini memiliki prospek yang baik karena pendidikan merupakan fondasi bagi perkembangan suatu negara.

13. Kedokteran

Jurusan Kedokteran selalu menjadi incaran karena tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan. Prospek kerja jurusan ini sangat menjanjikan karena permintaan akan dokter tidak pernah berkurang.

Bagi Anda yang memiliki minat dan kemampuan dalam bidang IPA, jurusan ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

14  Keperawatan

Selain Jurusan Kedokteran, Jurusan Keperawatan juga sangat dibutuhkan di masa depan. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari cara penanganan pasien untuk membantu tugas dokter. Posisi perawat sangat penting di dunia kerja dan selalu dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.

Dengan mempertimbangkan jurusan-jurusan yang memiliki prospek cerah ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijak dalam memilih jurusan kuliah. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga