5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 05 Mei 2024
0 dilihat
5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal
Memilih jurusan kuliah menjadi hal penting untuk menentukan masa depan nantinya. Foto: Repro Freepik/odua

" Salah satu fase yang cukup penting saat akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah memilih jurusan kuliah. Maka agar tidak menyesal, penting untuk mengetahui tips memilih jurusan yang tepat buat diri kita sendiri "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu fase yang cukup penting saat akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah memilih jurusan kuliah. Maka agar tidak menyesal, penting untuk mengetahui tips memilih jurusan yang tepat buat diri kita sendiri.

Pada umumnya, dikutip dari gramedia.com, sebelum memutuskan memilih jurusan kuliah sebaiknya kita memikirkan dan mempertimbangkan dengan matang.

Hal ini karena jangan sampai kita merasa salah memilih jurusan saat sudah kuliah nanti. Dalam sebuah publikasi ilmiah dari Educational Psychologist oIeh Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA, yaitu sekitar 87 persen mahasiswa Indonesia salah jurusan.

Kondisi ini biasanya terjadi saat mahasiswa sudah berada di semester 2 atau 3. Artinya, saat menjalani sekitar setahun kuliah di jurusan tersebut, dia baru merasa salah pilih kuliah.

Olehnya itu, agar tidak menyesal maka penting untuk mengetahui tips memilih jurusan yang tepat buat diri kita sendiri.

Baca Juga: 4 Tips Agar Pasangan Tidak Mudah Selingkuh

Melansir prosple.id dari berbagai sumber, berikut beberapa cara memilih jurusan kuliah agar tidak menyesal:

1. Riset Jurusan dan Perguruan Tinggi

Hal yang pertama yang sebaiknya dilakukan saat hendak memilih jurusan kuliah adalah melakukan riset terhadap sejumlah jurusan DNA perguruan tinggi.

Dengan melakukan riset kita dapat menggali informasi lebih banyak mengenai apa saja yang dipelajari dalam jurusan kuliah tersebut dan prospek kerjanya.

Dengan demikian kamu setidaknya sudah bisa membandingkan di antara berbagai macam jurusan kuliah yang ada, apa saja jurusan yang paling cocok denganmu.

2. Cari Tahu Passion Kamu

Hal kedua yang sebaiknya dilakukan saat hendak memilih jurusan kuliah adalah dengan mencari tahu apa sebenarnya passion kita.

Pada umumnya, melansir dari Katadata, passion merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu secara antusias. Nah, dari sini dapat kita mengulik diri kita sendiri apa sebenarnya passion kita selama ini.

Jika belum dapat, coba diingat-ingat lagi aktivitas apa yang paling sering dikerjakan namun tidak pernah bosan dan selalu bersemangat untuk menyelesaikannya.

3. Mempertimbangkan Prospek Karier Jurusan

Hal ketiga yang sebaiknya dilakukan saat hendak memilih jurusan kuliah adalah mempertimbangkan prospek karier dari jurusan tersebut.

Hal ini penting dilakukan karena akan sangat berguna bagi kita supaya ketika lulus nanti, ada banyak perusahaan yang membutuhkan kemampuan kita yang sudah dipelajari saat kuliah.

Selian itu, hal ini juga bisa mempengaruhi besarnya gaji yang akan kamu dapatkan di kemudian hari.

4. Berdiskusi dengan Orang Terdekat

Hal keempat yang sebaiknya dilakukan saat hendak memilih jurusan kuliah adalah melakukan diskusi dengan orang terdekat kita.

Hal ini penting dilakukan karena seringkali orang terdekatlah yang lebih mengetahui diri kita dibandingkan diri kita sendiri.

Dengan demikian, kita bisa untuk bertanya atau berdiskusi dengan kerabat atau keluarga tentang apa saja kelebihan kita dan juga pengalaman mereka saat memilih jurusan kuliah.

Hal ini dapat menjadi pertimbangan kita dalam memilih jurusan kuliah dan mengetahui bagaimana gambaran ketika berkuliah nanti.

Baca Juga: 6 Hal Penting Agar Selamat Saat Banjir Melanda

5. Mempertimbangkan Biaya Kuliah

Terakhir, hal yang tidak kalah penting yang sebaiknya dilakukan saat hendak memilih jurusan kuliah adalah mempertimbangkan biaya kuliah di jurusan tersebut.

Dengan mempertimbangkan biaya kuliah ini, kita dapat lebih logis dalam memilih jurusan yang dapat kita jangkau. Apalagi jika ingin merantau, tentunya kita harus mempertimbangkan biaya kuliah dan juga biaya hidup di tempat perantauan nantinya.

Hanya saja, yang harus diingat pula, bahwa jangan biarkan hal ini menghambat atau menjadi halangan ketika kita akan berkuliah di jurusan dan universitas impian.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa berkuliah di tempat favorit namun masih terkendala kondisi finansial. Contohnya seperti mengikuti program beasiswa dan bekerja freelance mungkin bisa jadi cara alternatif yang bisa dicoba.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih jurusan kuliah yang hendak diambil nantinya. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga