Deretan Negara Paling Panas di Dunia, Didominasi Benua Afrika

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 03 Juli 2022
0 dilihat
Deretan Negara Paling Panas di Dunia, Didominasi Benua Afrika
Mali jadi negara yang paling panas di dunia. Negara ini memiliki iklim panas dan kering. Tak hanya itu, curah hujan di Mali juga sangat sedikit. Foto: Repro Merdeka.com

" Menurut sebuah studi oleh The Lancet Planetary Health, 4,8 juta orang ditemukan telah meninggal karena komplikasi terkait panas musim panas dari 2000 hingga 2019 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki suhu panas yang cukup tinggi. Cuaca yang terik ini bahkan dapat menyebabkan dehidrasi dan kulit terasa terbakar.

Meski demikian ternyata kondisi seperti itu rupanya tak hanya dirasakan di Indonesia saja namun, di beberapa negara juga.

Mengutip dari Sindonews.com, jika berbicara mengenai suhu panas, banyak negara yang pernah berada di suhu ekstrem. Bahkan, karena gelombang panas ekstrem, dalam beberapa kasus bisa berakibat fatal.

Menurut sebuah studi oleh The Lancet Planetary Health, 4,8 juta orang ditemukan telah meninggal karena komplikasi terkait panas musim panas dari 2000 hingga 2019.

Beberapa tempat memang punya suhu yang ekstrem, misalnya saja Death Valley di California, Amerika Serikat, yang jadi tempat terpanas nomor satu dunia.

Suhu di sini bisa mencapai 54,4-56,7 derajat Celcius, loh. Namun, hal itu enggak terjadi sepanjang tahun dan enggak terjadi di seluruh wilayah Amerika Serikat. Nah, tahukah kamu di mana negara yang punya suhu rata-rata paling panas di dunia?

Berikut adalah daftar 10 negara paling panas di dunia:

1. Mali (83.8?)

Mali adalah negara terpanas pertama di dunia. Mali memiliki iklim yang panas dan kering dengan curah hujan yang sangat sedikit. Daerah tengah agak semi-kering yang tetap sangat panas dan kering hampir sepanjang tahun dan periode hujan singkat. Daerah selatan beriklim sabana tropis, yaitu iklim panas dengan musim kemarau dan penghujan sepanjang tahun.

Baca Juga: Unik: 500 Patung di Taman Ini Giginya Berasal dari Gigi Asli Manusia

2. Burkina Faso (83.6?)

Burkina Faso adalah negara Afrika lainnya yang terpanas di dunia. Burkina Faso memiliki iklim sabana tropis yang membuat negara ini agak hangat sepanjang tahun dengan musim kemarau dan cuaca panas yang panjang dan musim hujan yang singkat.

3. Djibouti (83?)

Djibouti terletak di Afrika. Djibouti memiliki iklim gurun yang panas dan gersang. Suhu rata-rata sore hari di kota Djibouti berkisar antara 82? hingga 93?. Ada variasi musiman yang kurang menonjol di negara ini daripada rata-rata dunia.

4. Bahrain (82,8?)

Bahrain adalah sebuah negara di Teluk Persia. Hal ini ditandai dengan iklim kering gersang dengan dataran gurun. Badai debu biasa terjadi di musim panas sementara curah hujan minimal dan biasanya terjadi di musim dingin.

5. Senegal (82,5?)

Senegal adalah negara Afrika lainnya dengan iklim tropis dan suhu hangat sepanjang tahun secara konsisten. Curah hujan sangat tinggi dan profil tanah di negara ini sebagian besar lembab.

6. Ethiopia (63?)

Dikutip dari Liputan6.com, Negara yang terletak di Afrika ini menjadi salah satu negara yang memiliki suhu lingkungan terpanas di dunia. suhu paling panas tercatat pernah mencapai 63 derajat celsius yang terjadi di kawasan Danakali Depression yang merupakan sebuah gurun terletak 100 meter dibawah permukaan laut.

7. Libya (58?)

Sebagian besar kawasan yang di dominasi padang pasir dan terletak di garis katulistiwa, menyebabkan kondisi udara disana sangat kering.

Curah hujan yang sangat kecil, juga menyebabkan sering terjadinya bencana kekeringan yang menyebabkan banyak warganya meninggal dunia.

8. Irak (52?)

Baca Juga: Hari Arafah Jatuh 8 Juli, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha 9 Juli

Negara ini tepatnya di Kota Basra, biasanya mengalami musim panas yang sangat kering dan musim dingin yang sangat basah. Dengan kondisi perubahan cuaca yang ekstrim ini, akibatnya sering terjadi wabah penyakit di negara tersebut.

9. Arab Saudi (52?)

Sebagian besar kondisi lingkungan yang merupakan gurun, menyebabkan panas di negara tersebut meningkat pada musim panas. Parahnya, Gelombang panas ini sering disertai dengan badai pasir yang melanda kawasan ini.

10. India (50?)

Negara dengan Ikon Taj Mahal ini pernah mengalami masa terburuk pada tahun 2003. India menghadapi gelombang panas dalam beberapa dekade terakhir, gelombang panas tersebut menewaskan 1.065 orang di bagian Selatan India. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga