Ibu Hamil di Korea Utara Dibunuh karena Tunjuk Foto Kakek Kim Jong Un, Dua Remaja Ikut Jadi Korban

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 03 April 2023
0 dilihat
Ibu Hamil di Korea Utara Dibunuh karena Tunjuk Foto Kakek Kim Jong Un, Dua Remaja Ikut Jadi Korban
Pemerintah Korea Utara (Korut) mengeksekusi mati seorang ibu hamil setelah menunjuk foto Kim Il Sung, kakek Kim Jong Un. Foto: Repro AFP

" Seorang ibu hamil dieksekusi mati oleh Pemerintah Korea Utara (Korut) setelah menunjuk foto Kim Il Sung, kakek Kim Jong Un "

PYONGYANG, TELISIK.ID - Seorang ibu hamil dieksekusi mati oleh Pemerintah Korea Utara (Korut) setelah menunjuk foto Kim Il Sung, kakek Kim Jong Un. Kabar tersebut terkuak setelah Korea Selatan (Korsel) baru-baru merilis laporan berisi daftar pelanggaran HAM Korut selama Kim Jong Un berkuasa. 

Laporan tersebut terdiri dari 450 halaman yang disusun setelah Yoon Suk Yeol terpilih sebagai Presiden Korsel dan berusaha menekan Korut atas pelanggaran HAM-nya.

Selain wanita hamil yang dieksekusi, Korsel juga menemukan beberapa temuan soal tindakan Pyongyang atas pembelot dan kelompok beragama.

Dilansir dari Wall Street Journal, wanita yang tengah hamil enam bulan itu dieksekusi tahun 2017 karena ketahuan menunjuk foto Kim Il Sung saat menari di rumah.

Kim Il Sung adalah kakek Kim Jong Un, pemimpin Korut saat itu yang memproklamasikan kemerdekaan Republik Demokratik Rakyat Korea pada 9 September 1948.

Baca Juga: Bukan Cuma Kim Jong Un, Ternyata Ada Wanita Iblis yang Paling Ditakuti Pejabat Korea Utara

Korut juga pernah mengeksekusi mati dua remaja berusia 16 tahun dan 17 tahun karena ketahuan menonton potongan video dari Korsel dan mengisap opium di sebuah stadion.

Otoritas berwenang juga dilaporkan memeras keluarga kedua remaja dan memaksa sejumlah anggota keluarga menjadi bahan percobaan penelitian medis.

Baca Juga: 5 Aturan Tak Wajar di Korea Utara, Apa Saja?

Dilansir dari Kompas.com, diketahui Kim Il Sung mempraktikkan falsafah Juche yang terdiri dari tiga pilar utama, yakni kemerdekaan politik, kemandirian ekonomi, dan kemandirian militer selama memerintah.

Kim Il Sung yang sosoknya dihormati di Korut kemudian diangkat menjadi presiden seumur hidup pada tahun 1972. Ia meninggal dunia pada 1994 karena serangan jantung.

Kim Il Sung selanjutnya digantikan oleh Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un yang meninggal dunia pada 2011 yang lalu. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga