Deretan Pejabat yang Positif COVID-19, Menhub hingga Bupati Buton

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Sabtu, 08 Agustus 2020
0 dilihat
Deretan Pejabat yang Positif COVID-19, Menhub hingga Bupati Buton
COVID-19 tak hanya menjangkiti rakyat biasa, tetapi juga pejabat. Foto: Repro Google.com

" Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala RSPAD adalah Pak Budi Karya Sumadi, Pak menhub (positif terinfeksi COVID-19). "

KENDARI, TELISIK.ID - Wabah COVID-19 semakin menyebar secara masif, semua kalangan bisa saja tertular. Sederet pejabat pun dilaporkan terinfeksi COVID-19. Kabar terbaru datang dari Bupati Buton, La Bakry, yang dinyatakan positif COVID-19.

Berikut daftar beberapa pejabat yang dilaporkan positif COVID-19:

1. Menhub Budi Karya Sumadi

Pejabat pertama yang terkonfirmasi positif COVID-19 adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Status positif corona Budi Karya sempat ditutup-tutupi. Namun, kemudian dibuka pemerintah setelah kabar Budi Karya terjangkit COVID-19 beredar luas di media sosial.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang menyampaikan langsung bahwa Budi Karya terinfeksi virus yang menyerang sistem pernapasan itu.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala RSPAD adalah Pak Budi Karya Sumadi, Pak menhub (positif terinfeksi COVID-19)," kata Pratikno, dikutip dari merdeka.com, Sabtu (14/3/2020).

Kabar ini disampaikan malam hari sekitar pukul 20.50 WIB di Kantor Setneg. Di tempat yang sama, Wakil Kepala RSPAD Albertinus Budi Sulistia mengatakan Budi Karya Sumadi tercatat sebagai kasus 76.

"Benar bahwa pada saat ini pasien 76 sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Dan dengan beberapa hasil antara lain hasil lab, confirm untuk COVID-19," tegasnya.

Baca juga: Gaji ke-13 Cair 10 Agustus, Hanya untuk Eselon Tiga ke Bawah

2. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana positif COVID-19, disampaikan langsung Yana melalui akun instagramnya.

"Saya Yana Mulyana Wakil Wali Kota Bandung setelah mengalami demam dan melakukan tes beberapa hari lalu dan hari ini hasilnya telah keluar, saya dinyatakan positif COVID-19," ujarnya dikutip dari detik.com, Senin (23/3/2020).

3.Wali Kota Bogor Bima Arya

Lima hari setelah Budi Karya Sumadi dinyatakan positif COVID-19, kabar yang sama datang dari Wali Kota Bogor Bima Arya. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu dinyatakan positif terjangkit COVID-19, setelah menjalani tes pada Selasa (17/3/2020) di RS Bogor Senior Hospital.

Bima Arya memang baru saja melakukan kunjungan kerja ke Turki dan Azerbaijan. Ia berada di luar negeri sejak 9 Maret 2020 dan baru kembali ke Tanah Air pada 16 Maret 2020.

"Kamis sore, tanggal 19 Maret 2020, Wali Kota Bogor Bima Arya, telah menerima hasil tes swab yang menunjukkan positif COVID-19," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, Kamis (19/3/2020) malam.

Meski dinyatakan positif COVID-19, kondisi fisik Bima Arya stabil. Tak ada sakit yang dialaminya, baik sakit berat atau ringan. Namun, atas kesadaran dirinya, Bima Arya menjalani proses isolasi di RSUD Kota Bogor.

"Wali Kota menjalani proses isolasi di RSUD Kota Bogor sejak Kamis malam, 19 Maret 2020 selama minimal 14 hari ke depan," ujar dia.

Baca juga: Polisi Amankan Ratusan Kilogram Sabu di Kalimantan, MPR Curigai Hal Ini

4. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana juga dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Kabar ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Diduga, Cellica terpapar COVID-19 saat menghadiri acara Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Barat di Hotel Swiss Bell Inn, Kabupaten Karawang.

"Bupati Karawang terpapar positif (COVID-19). Saya imbau siapa yang hadir di Musda Hipmi segera melapor ke Dinas Kesehatan masing-masing untuk tes," ujar Ridwan Kamil, Selasa (24/3/2020).

Acara Hipmi sendiri dihadiri banyak pejabat. Selain Ridwan Kamil yang membuka acara, tampak pula Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dan Asda Pemprov Jabar Eddy Nasution.

5. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri

Satu lagi pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terjangkit COVID-19.

Setelah sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kini Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dinyatakan positif COVID-19.

"Pada hari ini, Selasa, 24 Maret 2020, atas seizin dari yang bersangkutan, kami informasikan bahwa Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Bapak Zulfikri telah dinyatakan positif COVID-19," ujar juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, dalam keterangannya, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Hanya 8 Orang, Ini Nama Anggota Paskibraka HUT ke-75 RI Termasuk Asal Sultra

6. Bupati, Istri dan 2 Pejabat Pemda Pemalang

Bupati Pemalang, Jawa Tengah Junaedi, istrinya Isna Setiyawati serta dua pejabat eselon II Kabupaten Pemalang juga terinfeksi COVID-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pemalang, Tetuko Raharjo mengemukakan, awalnya bupati menjalani rapid test.

Rapid test ditindaklanjuti dengan tes lain untuk memastikan kondisi Junaedi.

"Selasa (21/7/2020) beliau (bupati) menghendaki setelah dirapid dilakukan tes molekuler di RS Azhari dan hasilnya positif," kata Tetuko, dikutip dari kompas.com Rabu (22/7/2020).

7. Bupati Buton, La Bakry

La Bakry mengaku dirinya diketahui positif COVID-19 saat ia berkunjung ke Kota Kendari, untuk menghadiri pertemuan dengan Ketua KONI Sultra, Agista Ariany, dalam rangka membahas persiapan Pekan Olahraga Provinsi Sultra 2022 mendatang, Rabu malam (5/8/2020).

Namun, sebelum menghadiri pertemuan tersebut, ia beserta rombongannya diminta melakukan rapid test di posko Gugus Tugas penanganan COVID-19 Sultra, sebagaimana yang menjadi aturan protokol kesehatan.

Setelah hasil rapid test keluar, ternyata menunjukkan reaktif. Karena reaktif, Bupati diminta melakukan tes swab, dan hasilnya positif.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga