Deretan Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 20 September 2023
0 dilihat
Deretan Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah
Golongan darah dapat menunjukkan risiko kesehatan yang mengintai seseorang. Foto: Banjarnegara.kemenag.go.id

" Golongan darah diyakini dapat menunjukkan banyak hal tentang seseorang. Salah satunya adalah kepribadian atau karakter berdasarkan golongan darahnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Golongan darah diyakini dapat menunjukkan banyak hal tentang seseorang. Salah satunya adalah kepribadian atau karakter berdasarkan golongan darahnya.

Namun, ternyata golongan darah juga dapat menunjukkan risiko kesehatan yang mengintai seseorang. Pasalnya, sejumlah penelitian telah menemukan adanya korelasi antara risiko penyakit tertentu dengan masing-masing jenis golongan darah. 

Berikut risiko penyakit berdasarkan golongan darah di antaranya:

1. Penyakit jantung

Penelitian menunjukkan golongan darah O memiliki tingkat risiko yang lebih rendah untuk terjangkit penyakit jantung koroner seperti dilansir dari Kompas.com.

Meskipun para ahli belum memahami sepenuhnya alasannya, beberapa orang berpendapat ini mungkin terkait dengan fakta bahwa golongan darah lain cenderung memiliki kolesterol dan jumlah protein yang lebih tinggi yang dapat mempengaruhi pembekuan darah.

Baca Juga: 5 Penyebab Gairah Seks Tiba-Tiba Memuncak

2. Kanker perut

Golongan darah A, AB, dan B memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan golongan darah O. Lebih tepatnya, orang dengan golongan darah A memiliki potensi risiko lebih tinggi terkena kanker perut.

3. Kanker pankreas

Mengutip Halodoc.com, orang dengan golongan darah B secara epidemiologis juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker pankreas dan diabetes tipe 2 (terutama pada golongan darah B positif).

Mereka juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena penggumpalan darah di pembuluh vena dalam, misalnya pada kaki. Meski begitu, risiko untuk terkena kondisi tersebut juga dimiliki oleh orang dengan golongan darah A dan AB. 

Baca Juga: Tulang Sering Sakit? Kenali 5 Tanda Kanker Tulang

4. Penggumpalan darah

Orang dengan golongan darah B secara epidemiologis juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker pankreas dan diabetes tipe 2 (terutama pada golongan darah B positif).

Mereka juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena penggumpalan darah di pembuluh vena dalam, misalnya pada kaki. Meski begitu, risiko untuk terkena kondisi tersebut juga dimiliki oleh orang dengan golongan darah A dan AB. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga