Desa di Wakatobi Ini Disulap Bak Maliaboro Yogyakarta

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Rabu, 03 November 2021
0 dilihat
Desa di Wakatobi Ini Disulap Bak Maliaboro Yogyakarta
Penyambutan dewan penilai dari Provinsi di Desa Liya Mawi, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Foto: Boy/Telisik

" Kami melihat inovasi dan kreativitas yang sangat tinggi dimana masyarakat memanfaatkan limbah plastik dan kipas angin "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Desa Liya Mawi yang berada di Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi disulap bak Maliaboro dan Surabaya.

Wajah desa ini terlihat asri dalam lomba pelaksanaan terbaik 10 program pokok PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut ditandai dengan kunjungan Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sultra melakukan penilaian terhadap Desa Liya Mawi, Rabu (3/11/2021)

"Lomba pelaksanaan terbaik 10 program pokok PKK tiap tahunnya diadakan, namun kemarin tidak diadakan karena masih pandemi COVID-19. Alhamdulillah-nya tahun ini kembali digelar," kata Ketua Pokja II PKK Sultra, Nurlita Irawan.

Ia menjelaskan, tujuan lomba ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK.

"Kami memberikan apresiasi atas penerimaan kami yang luar biasa mulai dari masyarakat serta para pelajar di desa ini. Awal pertama kali kami datang ke desa ini, kami sudah jatuh hati pada pandangan pertama. Mulai dari segi keindahan, kenyamanan, dan ketertiban," ujarnya.

"Kami melihat inovasi dan kreativitas yang sangat tinggi dimana masyarakat memanfaatkan limbah plastik dan kipas angin," sambungnya.

Sementara itu, Ketua PKK Desa Liya Mawi Kabupaten Wakatobi, Ediwati Edi Buton mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Desa Liya Mawi dalam mewakili Wakatobi dalam lomba 10 program pokok PKK Tingkat Provinsi Sultra.

Baca Juga: Banjir Rendam Sebagian Wilayah Ogan Komering Ulu

Baca Juga: Tilang Sopir Truk, Polisi Minta Damai Sekarung Bawang

"Desa Liya Mawi siap mendukung program pemerintah dengan melibatkan perempuan sebagai motor penggerak. Dengan tujuan mensejahterakan keluarga melalui pemberdayaan keluarga," katanya.

Senada dengan itu, Bupati Wakatobi Haliana mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian Desa Liya Mawi.

Dimana, kata dia, masyarakat saling bahu membahu dalam menciptakan keindahan desa dalam mengikuti lomba pelaksana terbaik 10 program pokok PKK Tingkat Provinsi Sultra.

"Hal ini memberikan makna yang luar biasa, motivasi terutama kepada ibu-ibu yang hari ini bahu-membahu. Bekerja keras dari seluruh lapisan masyarakat untuk membangun desa ini dengan tampilan Desa Liya Mawi yang indah," ujarnya.

Bahkan, tambah dia, ada yang mengatakan bahwa Desa Liya Mawi ini bak Surabaya yang kurang lebih hampir sama dengan Maliaboro bila malam hari.

"Tentunya hal ini merupakan antusias dengan gerak masyarakat menyatu. Warna-warni lampu pagar. Mudah-mudahan piala ke Kabupaten Wakatobi. Harapannya kita piala dengan juara di atasnya nomor 2," tutupnya. (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga