Tilang Sopir Truk, Polisi Minta Damai Sekarung Bawang

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Selasa, 02 November 2021
0 dilihat
Tilang Sopir Truk, Polisi Minta Damai Sekarung Bawang
Oknum polisi minta 'uang damai' berupa sekarung bawang kepada sopir truk yang ditilang. Foto: Tangkapan layar video

" dirinya urung menjelaskan lebih lanjut terkait inisial dan pangkat pelaku penilangan tersebut "

JAKARTA, TELISIK.ID - Oknum Polisi Lalu Lintas (Polantas) menilang sopir truk, namun meminta 'uang damai' dengan satu karung bawang viral di media sosial.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono.

"Yang bersangkutan saat ini sedang dilakukan klarifikasi dan diperiksa oleh Propam Polda," jelasnya kepada awak media, Selasa (2/11/2021).

Lebih lanjut, Argo menjelaskan, anggota polisi yang melakukan penilangan tersebut berasal dari Lantas Polres Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Kendati demikian, dirinya urung menjelaskan lebih lanjut terkait inisial dan pangkat pelaku penilangan tersebut.

Baca Juga: Kapolres Tebing Tinggi AKBP Agus Sugiyarso Dicopot, Ini Kata Polda Sumut

Baca Juga: PT Antam Serahkan Beasiswa pada Puluhan Siswa di Konut

"Baiknya langsung ke Kasat Lantas Bandara," katanya.

Sementara itu, Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigjen Chryshnanda Dwilaksana menegaskan oknum tersebut kini diperiksa Propam dan akan ditindak tegas.

"Dari Propam sudah menyelidiki," kata dia.

Chryshnanda mengatakan, kepolisian akan menindak tegas oknum polisi yang diduga meminta sekarung bawang ke sopir truk itu.

"Nah, tentu apa yang dilakukan oleh oknum yang berkaitan dengan apa yang Saudara sampaikan, ini tentu dari kepolisian kita akan tindak tegas," tuturnya.

"Yaitu melakukan pemeriksaan dan untuk dimintai keterangan dan dilakukan suatu penindakan yang nantinya dilakukan oleh Propam," lanjutnya.

Diketahui, Dalam video berdurasi 31 detik dan viral di media sosial, terlihat seorang sopir dan kernet truk yang baru saja diberhentikan berdiri di samping truk.

Kemudian memperlihatkan seorang polantas yang sedang berdiri disamping sepeda motor yang di atasnya terlihat sekarung bawang dan langsung menilang.

Padahal, sopir dan kernet truk yang diberhentikan itu sudah menawarkan "uang damai" kepada petugas kepolisian itu agar tak ditilang.

"Aku minta maaf bos, aku kena tilang, tapi dimintai satu karung bawang. Nih bos polisi, tolong rekan-rekan bantu kondisi saya," kata perekam video tersebut. (B)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga