Desa Wolowa di Buton Terendam Banjir

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 03 Mei 2024
0 dilihat
Desa Wolowa di Buton Terendam Banjir
Banjir terjadi di Desa Wolowa, Kecamatan Wolowa, Buton. Foto: Ist.

" Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Buton mengakibatkan banjir di Desa Wolowa Baru, Kecamatan Wolowa "

BUTON, TELISIK.ID — Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Buton mengakibatkan banjir di Desa Wolowa Baru, Kecamatan Wolowa, Jum'at (3/5/2024).

Tidak hanya rumah warga, luapan air menyebabkan Kantor Desa Wolowa Baru dan beberapa ruas jalan poros desa setempat mengalami banjir.

Seorang warga setempat, Laode Muhammad Rafil mengatakan, banjir terjadi karena hujan deras seharian ini sehingga membuat aliran air di selokan meluap ke rumah warga dan menggenangi jalan.

Baca Juga: KPU Buton Buka Seleksi PPS Pilkada 2024

"Baru beberapa jam hujan sudah banjir seperti ini. Bagaimana jika berhari - hari. Kondisi seperti ini harus diantisipasi dari awal," katanya.

Lebih lanjut, Rafil meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten Buton agar proaktif dalam menangani permasalahan banjir yang terjadi di Kabupaten Buton, khususnya Desa Wolowa Baru, Kecamatan Wolowa.

“Bencana banjir tidak bisa dihilangkan, namun hanya bisa diminimalisir. Oleh sebab itu pemerintah daerah proaktif menangani persoalan banjir ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Nelayan Hilang di Perairan Pulau Siompu Buton Selatan Belum Ditemukan

Warga lainnya, Anto mengatakan, salah satu penyebap banjir saat ini karena tidak adanya talud penahan air. Sehingga, jika terjadi hujan deras maka air akan dengan mudah merambat di rumah - rumah warga.

“Taludnya ada, tapi sekitar kurang lebih 50 meter dari jembatan. Sedangkan air yang keluar ini bukan dari talud. Semestinya di talud sampai ke atas biar airnya tidak keluar ke pemukiman warga dan jalan,” jelasnya.

Ia berharap, ada tindakan nyata dari pemerintah kabupaten setempat, khusunya dinas terkait untuk segera membangun talud penahan air. Sehingga ketika hujan, air tidak lagi meluap dan masuk ke pemukiman warga. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga