Di Tengah Wabah COVID-19, Penerimaan Siswa Baru Tetap Dilaksanakan

Mutarfin, telisik indonesia
Jumat, 27 Maret 2020
0 dilihat
Di Tengah Wabah COVID-19, Penerimaan Siswa Baru Tetap Dilaksanakan
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio. Foto: Mutarfin/Telisik

" Penerimaaan peserta didik baru tetap dilakukan secara online. "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional (UN) 2020, tak lantas membuat PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) ikut dibatalkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, menyatakan, penerimaan peserta didik baru akan tetap dilaksanakan secara online.

"Penerimaaan peserta didik baru tetap dilakukan secara online," ungkapnya Jumat (27/3/2020).

Baca Juga : Lapas Kendari Ditunjuk Sebagai Tempat Penanganan Tahanan Positif COVID-19

Ia menambahkan, apabila ada daerah-daerah yang memang masih terkendala jaringan, maka diberlakukan secara manual dengan mekanisme menghindari kerumunan dan tetap menjaga jarak.

Dijelaskan dalam surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19 yang mengatur PPDB di masa darurat corona, Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah.

PPDB pada Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir dan prestasi akademik dan nonakademik di luar rapor sekolah.

Baca Juga : Sipir di Lapas dan Rutan Harus Dilengkapi Alat Pelindung Diri

Selanjutnya, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan bantuan teknis bagi daerah yang memerlukan mekanisme PPDB daring.

 

Reporter: Mutarfin

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga