Di Usia 190 Tahun, Warga Kendari Diharap Lebih Tertib Buang Sampah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 11 Mei 2021
0 dilihat
Di Usia 190 Tahun, Warga Kendari Diharap Lebih Tertib Buang Sampah
Seorang warga saat membuang sampah di bak sampah. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Karena Kota Kendari sebagai ibu kota provinsi yang menjadi jantung dan wajah Sultra, maka kita harus menjaga kebersihan. Kita imbau membuang sampah tepat waktu dan tidak membuang di sembarangan tempat "

KENDARI, TELISIK.ID - Di usia yang memasuki 190 tahun, masyarakat Kota Kendari diharapkan lebih menjaga lingkungan dengan tertib membuang sampah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Hj. Nahwa Umar, saat berbagi paket sembako kepada petugas kebersihan di lokasi TPS3R atau bengkel DLHK Kendari, Minggu (9/5/2021).

Menurut Nahwa Umar, Kota Kendari yang kini berusia 190 tahun merupakan jantung atau wajah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sehingga warga masyarakat sudah harusnya menjaga kebersihan kota.

"Karena Kota Kendari sebagai ibu kota provinsi yang menjadi jantung dan wajah Sultra, maka kita harus menjaga kebersihan. Kita imbau membuang sampah tepat waktu dan tidak membuang di sembarangan tempat," katanya kepada Telisik.id.

Baca Juga: Petugas Kebersihan Diharap Tetap Bertugas saat Lebaran

Dengan tertibnya warga membuang sampah, kata dia, maka itu juga akan membantu meringankan tugas para petugas kebersihan.

"Agar petugas juga bisa bekerja dengan mengangkut sampah tepat waktu, sehingga tidak ada lagi sampah yang berhamburan," tambahnya.

Olehnya itu, ia mengajak semua pihak untuk menyadari posisinya sebagai warga yang harus menjaga kebersihan, menjaga taman-taman agar selalu indah, dan jangan buang sampah sembarangan.

"Apalagi nanti bak sampah ditiadakan, maka setelah sudah disosialisasikan secara massif, tempat sampah kita akan bongkar. Maka diperlukan adanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan," tutupnya.

Baca Juga: Memasuki Usia 190, DLHK Harap Warga Kendari Lebih Peduli Kebersihan Kota

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati mengatakan, menjaga kebersihan merupakan tugas semua pihak, bukan hanya pemerintah tetapi juga masyarakat itu sendiri.

Olehnya itu, mantan Kepala Dinas Pangan Kendari ini mengajak seluruh masyarakat agar bisa ikut menjaga kebersihan kota.

"Bukan hanya pemerintah saja, tetapi juga tugas semua elemen masyarakat, agar bisa lebih memperhatikan kebersihan kota kita," pungkasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga