Dibantai Irak U-23, Play-off jadi Kesempatan Terakhir Timnas Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024

Merdiyanto , telisik indonesia
Jumat, 03 Mei 2024
0 dilihat
Dibantai Irak U-23, Play-off jadi Kesempatan Terakhir Timnas Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024
Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Irak dalam perebutan juara tiga Piala Asia U-23 2024. Foto: Repro Suara.com

" Timnas Indonesia U-23 keok 2-1 atas Irak dalam perebutan juara tiga Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifah pada Jumat (3/5/2024) dini hari "

DOHA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia U-23 keok 2-1 atas Irak dalam perebutan juara tiga Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifah pada Jumat (3/5/2024) dini hari.

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 gagal mendapat satu tiket langsung lolos ke Olimpiade Paris 2024 dan harus puas di posisi keempat Piala Asia U-23.

Tim Garuda Muda harus melakoni babak play-off melawan wakil dari Afrika, Guinea dalam pertandingan di Paris, Prancis pada 9 Mei mendatang.

Dikutip dari Bola.net, sejak peluit babak pertama, kedua tim langsung saling menyerang. Di lima menit awal, Irak sedikit mendominasi jalannya pertandingan ketimbang Indonesia.

Namun, Timnas Indonesia bisa mengimbangi permainan Irak. Bahkan Irak kalang kabut dengan kecepatan pemain sayap Timnas Indonesia U-23 di laga ini.

Alhasil, menit ke-19, Timnas Indonesia U-23 berhasil membobol gawang Irak lewat Ivan Jenner, namun tidak berselang lama Irak membalas di menit ke-27.

Baca Juga: Uzbekistan Hancurkan Mimpi Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Gol itu membuat pertandingan makin seru. Jual beli serangan berlanjut, namun sampai peluit babak pertama berakhir skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Irak menaikkan tempo permainannya. Serangan demi serangan dilancarkan ke gawang Ernando Ari.

Namun, Garuda Muda yang menggunakan serangan balik berhasil mengancam  gawang Irak, melalui tendangan sudut sempit Marselino Ferdinan, namun bola masih melambung dari gawang Irak.

Irak melakukan serangan balik nyaris membalikkan keadaan. Menggiring bola dari tengah lapangan, Nihad Mohammed melepaskan tendangan kaki kiri ke gawang Indonesia yang tidak terkawal.

Ernando Ari mencoba mengejar namun gagal. Beruntung ada Nathan Tjoe-A-On yang menghalau bola di depan gawang.

Timnas Indonesia U-23 hampir berhasil mencetak gol di menit ke-82. Indonesia yang mengandalkan serangan balik, Rafael Struick masuk ke kotak penalti Irak dan memberikan umpan tarik ke Witan Sulaeman, namun Witan tidak mengontrol bola dengan sempurna sehingga bola berhasil ditangkap oleh kiper Irak.

Di penghujung injury time, Irak mengancam gawang Indonesia, lewat sundulan Zaid Tahseen beruntung bola masih melebar. Skor 1-1 menutup waktu normal.

Masuk babak tambahan waktu pertama, Irak langsung tampil menekan. Alhasil menit ke-96 gawang Indonesia harus kebobolan.

Baca Juga: Perebutan Juara 3 Indonesia vs Irak di Piala Asia U-23, Target Olimpiade Paris 2024

Ali Jasim lolos dari jebakan offside, ia membawa bola ke kotak penalti lalu melepaskan tembakan mendatar yang gagal ditahan oleh Ernando. Skor 2-1 untuk keunggulan Irak.

Di akhir babak tambahan waktu pertama, Indonesia mencoba meningkatkan gedor serangan. Namun skor 2-1 tetap bertahan untuk keunggulan Irak.

Di awal babak tambahan waktu kedua, Irak masih mendominasi jalannya pertandingan. Namun Indonesia dengan tenaga yang tersisa terus mencoba untuk melancarkan serangan balik. Jual beli serangan berlanjut, namun skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Irak.

Berkat hasil ini, Irak menjadi juara tiga Piala Asia U-23 2024 dan lolos ke Olimpiade 2024. Sementara Timnas Indonesia harus melakoni babak playoff untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga